androidvodic.com

Hari Pelaut Sedunia, Ditjen Hubla Ingatkan Pentingnya Keselamatan Pelayaran - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, SURABAYA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar Kampanye Keselamatan Pelayaran dalam rangka peringatan Hari Pelaut Sedunia 2024 di Surabaya, Senin (24/6/2024).

"Kita sepakat bahwa pelaut adalah pekerja kunci yang memiliki peran penting sebagai tulang punggung perekonomian suatu negara. Karenanya, kita patut memberikan apresiasi atas kontribusi dan jasa-jasa para pelaut Indonesia," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Agustinus Maun.

Kegiatan Kampanye Keselamatan Pelayaran inI diharapkan dapat meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya keselamatan pelayaran.

Selain menjadi pendorong perekonomian keselamatan pelayaran bagi pelaut ini menjadi sebuah keharusan dan tanggung jawab bersama.

"Kita bicara kondisi keselamatan kapal itu ada keselamatan jiwa di laut keselamatan barang dalam satu lagi adalah keselamatan lingkungan. Oleh karena itu Kementerian Perhubungan dalam hal ini yang menangani Kementerian yang menangani transportasi khususnya laut, juga wajib untuk memastikan keselamatan," jelas Agustinus.

Agustinus mencontohkan, keselamatan pelayaran bisa dimulai dengan penggunaan life jacket serta pembekalan pendidikan yang mumpuni untuk memastikan pelaut bisa membawa kapal dengan selamat.

"Kita bicara keselamatan kapal, di kapal itu ada orang ya tidak mungkin kapal itu jalan sendiri nggak ada ada namanya manusia yang menggerakkan atau bukan menggerakkan mengoperasikan kapal itu yaitu namanya pelaut itu."

"Untuk memastikan pelaut itu dia punya kualitas dan mampu membawa kapal dengan selamat, ya pelatihan pendidikan itu penting," tutur dia.

Baca juga: Sejarah Hari Pelaut Sedunia yang Diperingati Setiap Tanggal 25 Juni

"Kami mengajak seluruh pihak mulai dari operator kapal, nelayan, pengguna jasa untuk memprioritaskan keselamatan saat berada di laut," imbuhnya.

Sebagai bagian dari rangkaian acara ini, Dirtjen Perhubungan Laut memberikan 200 unit life jacket gratis kepada para nelayan dan masyarakat maritim di Pelabuhan Tanjung Perak.

Baca juga: Hari Pelaut Sedunia, 25 Juni 2023: Sejarah, Tema dan Logo

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada dua perwakilan nelayan dengan penyematan life jacket yang dilaksanakan oleh Agustinus Maun bersama Koordinator Seksi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana serta Pengawakan, Aji Suganda.

"Semoga pemberian bantuan life jacket ini dapat bermanfaat dan semakin meningkatkan kesadaran untuk menjaga keselamatan di laut serta memastikan setiap perjalanan di laut aman dan nyaman," kata Agustinus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat