androidvodic.com

INALUM Tentukan 13 Komitmen Pengelolaan Lingkungan - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - PT Indonesia Asahan Aluminium atau INALUM fokus dalam langkah pelestarian keanekaragaman hayati, dekarbonisasi, pengelolaan air dan limbah, serta produksi yang bertanggung jawab.

Setidaknya perusahaan telah menyiapkan 13 komitmen yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan prosedur pengelolaan lingkungan.

Pertama, melakukan perlindungan lingkungan dan pencegahan pencemaran lingkungan. Kedua, pengelolaan limbah B3 dengan mengedepankan program reduce, reuse, recycle dan recovery (4R).

Baca juga: Inalum Lakukan Ekspor Perdana Aluminium 7000 Metric Ton ke China.

Ketiga, pengelolaan limbah non-B3 dengan mengedepankan program 4R. Keempat, melakukan upaya mitigasi terhadap kerusakan lingkungan (air, udara dan tanah).

Kelima, melakukan upaya mitigasi terhadap penurunan nilai lndeks Keanekaragaman Hayati (1KHB). Keenam, berpartisipasi dalam mengurangi dampak emisi udara konvensional dan Gas Rumah Kaca (GRK).

Ketujuh, melakukan efisiensi air termasuk upaya penurunan beban pencemaran air limbah. Kedelapan, melakukan upaya peningkatan kinerja lingkungan hidup secara berkelanjutan berdasarkan penilaian siklus daur hidup (life cyde assessment).

Kesembilan, melakukan upaya pengelolaan lingkungan yang berkontribusi terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs). Kesepuluh, efisiensi energi serta mengoptimalkan penggunaan sumber energi terbarukan dan konservasi sumber daya alam.

Kesebelas, melakukan perbaikan secara terus menerus untuk meningkatkan kinerja Sistem Manajemen Lingkungan dan Energi. Ke-12, mematuhi Peraturan Perundangan dan Persyaratan lain yang berlaku termasuk persyaratan pemangku kepentingan.

Terakhir, melakukan pemberdayaan masyarakat dan lingkungan sekitar Perusahaan melalui penerapan CSR

Keseluruhan komitmen sejalan dengan arah pelestarian lingkungan sesuai dengan acuan grup Holding Sustainability Pathway Grup MIND ID.

Atas upaya dan kerja keras tersebut, INALUM meraih pencapaian terbaik Proper Tertinggi Emas dan Hijau pada akhir tahun 2023.

Corporate Secretary INALUM Mahyaruddin Ende, mengatakan kinerja ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh Insan INALUM dan dukungan penuh dari seluruh pemangku kepentingan dalam bersinergi dan berkolaborasi.

"Kinerja Lingkungan INALUM pada tahun 2023 merupakan hasil kerja keras dari seluruh Insan INALUM dan kolaborasi yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan. Kami berharap, bisa terus memberikan manfaat, berinovasi, dan bersinergi kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan demi memberikan manfaat untuk lingkungan dan masyarakat," tutur Mahyaruddin, Jumat (28/6/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat