androidvodic.com

Bidik Blok Migas Baru, Pertamina Internasional EP Ekspansi ke Timur Tengah - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melaui unit usaha Pertamina Internasional EP (PIEP) yang melakukan ekspansi dengan membuka kantor cabang Timur Tengah di Dubai, Uni Emirat Arab.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, meyakini kantor cabang di Dubai mampu menjadi kendaraan PIEP untuk ekspansi dan menciptakan peluang penambahan blok baru di Timur Tengah.

“Potensi pengembangan bisnis dan peluang penambahan blok baru masih sangat besar dan terbuka lebar," ungkap Nicke dalam pernyataannya, dikutip Kamis (4/7/2024).

"Kami berharap peresmian kantor cabang baru ini bukan hanya sekedar penambahan fasilitas fisik, tetapi juga dapat memberikan nilai tambah dari sisi intangible benefits maupun tangible benefits," sambungnya.

Baca juga: Pemerintah Serahkan Blok Migas Bobara ke Petronas, Segini Potensi Migas yang Tersimpan

Nicke menambahkan, dengan dibukanya kantor ini, kemudahan mendapatkan informasi terkait aset-aset internasional, dan mendukung optimalisasi biaya kegiatan operasional Jakarta-Dubai.

Sehingga ke depan Pertamina dapat lebih cepat dalam menangkap peluang bisnis yang ada dan sebagai perpanjangan tangan bagi pengembangan bisnis Pertamina.

“Pembukaan kantor ini tidak hanya untuk menguatkan kapabilitas operasional, namun juga membangun ekspansi bisnis Pertamina grup, membangun supply chain Pertamina, juga sebagai hub pengembangan sumber daya manusia melalui teknologi yang relevan," ujar Nicke.

Sementara itu Direktur Utama Pertamina Hulu Energi, selaku Subholding Upstream, Chalid Said Salim mengutarakan hal senada.

Ia mengatakan, kontribusi PIEP terhadap produksi migas adalah sekitar 20 persen ke Subholding Upstream. Dengan adanya kantor cabang di Dubai ini, akan mempermudah komunikasi dan koordinasi dengan para partner.

"Saya berharap, langkah ini secara serentak dapat membawa Anak Perusahaan Subholding Upstream untuk berkiprah di luar negeri, mengingat peran Regional Internasional sebagai pembuka peluang di Timur Tengah," ungkap Chalid.

Kantor yang berlokasi di Almas Tower akan menjadi kantor perwakilan PIEP yang akan mendorong tujuan go global guna meningkatkan pendapatan dan nilai tambah lain.

Kantor ini merupakan perwakilan PIEP ketiga yang berada di luar negeri. Sebelumnya, PIEP telah memiliki PT Pertamina Algeria EP (PAEP) di Algeria, dan PT Pertamina Malaysia EP (PMEP) di Kuala Lumpur yang telah beroperasi sebelumnya.

Seperti diketahui, di wilayah Timur Tengah Pertamina telah beroperasi di Irak lewat kepemilikan 20 persen hak partisipasi di Blok West Qurna 1, dan telah memberikan kontribusi sekitar 70 persen dari total produksi yang dihasilkan PIEP.

Blok minyak itu terletak di bagian selatan Irak, dekat dengan kota Basra, 400 kilometer sebelah tenggara Ibu Kota Baghdad.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat