androidvodic.com

Budi Arie Belum Tunjuk Pengganti Semuel Abrijani yang Mengundurkan Diri Usai PDN Diserang Ransomware - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Kursi jabatan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat ini kosong, pasca mundurnya Semuel Abrijani Pangerapan dari jabatan tersebut.

Diketahui, Semuel Abrijani telah mundur dari jabatannya per tanggal 1 Juli 2024. Di mana pada tanggal tersebut, Semuel menyerahkan surat pengunduran dirinya langsung kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Namun hingga saat ini, Menkominfo belum menunjuk Pelaksana Tugas alias Plt, untuk mengisi kekosongan jabatan yang dimaksud.

Baca juga: Kala Budi Arie Didesak Turun dari Jabatan, tapi Justru Anak Buahnya yang Mundur, Buntut PDN Diretas

Tribunnews mencoba mengkonfirmasi Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Usman Kansong, untuk meminta keterangan terkait siapa sosok yang bakal menjabat sebagai Dirjen Aptika. Namun, dirinya tak merespon pertanyaan yang dimaksud.

Sementara itu, Tim Hubungan Masyarakat Kominfo mengungkapkan bahwa pihaknya juga belum mendapatkan informasi detail terkait pejabat yang bakal menjadi Plt Dirjen Aptika.

Diketahui, Semuel Abrijani Pangerapan resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Pengunduran ini lantaran dirinya merasa gagal dalam menangani permasalahan eror-nya Pusat Data Nasional (PDN) buntut serangan ransomware pada 20 Juni 2024.

Adapun, hingga kini PDN masih belum pulih sepenuhnya, sehingga sejumlah layanan masih terdampak.

"Sebagai jujur pengampu dalam proses transformasi pemerintahan secara teknis. Jadi saya mengambil tanggung jawab ini secara moral dan saya menyatakan harusnya selesai di saya. Karena ini adalah masalah yang harusnya saya tangani dengan baik," ungkapnya dalam konferensi pers yang berlangsung di Kantor Kominfo, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Semuel menegaskan, meski dirinya telah undur diri dari Dirjen Aptika, proses pemulihan PDN yang lumpuh karena serangan ransomware ini masih terus berlangsung.

Adapun tim penanganan terdiri dari Kominfo, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), hingga KSO TelkomSigma-Lintas Arta.

Kominfo juga memastikan bakal mengamankan data-data yang terenkripsi.

"Jadi ini (meski saya mundur) sekarang ini tetap dilakukan pemulihan," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat