androidvodic.com

Pedagang Pasar Mengeluh Penjualannya Merosot, Bapanas Lagi Musim Masuk Sekolah - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Penjualan pedagang pasar mengalami penurunan berdasar Kepala Pusat Data dan Informasi Pangan (Pusdatin) Badan Pangan Nasional (Bapanas) Kelik Budiana ketika sedang meninjau Pasar Serpong di Tangerang Selatan, Banten.

Dalam peninjauannya, Kelik menemukan penurunan penjualan ke beberapa bahan pangan seperti telur, daging dan cabai.

"Namun berdasarkan pengalaman para pedagang, penyebabnya adalah bukan karena stok atau harganya, tetapi karena saat ini sedang musim anak masuk sekolah," katanya dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (10/7/2024).

"Tren seperti itu hal yang wajar dan nanti akan kembali normal," lanjutnya.

Meski mewajari hal tersebut, Kelik mengatakan pihaknya tetap akan terus memantau dan secara simultan menerapkan intervensi ke pasar.

Hal terpenting menurut dia adalah pasokan cukup baik dan permintaan stabil.

"Dari sisi produksi juga ada kenaikan biaya agroinput ya. Saya kira akan segera pulih kembali karena tidak ada hal-hal kritis yang mempengaruhi harga saat ini," ujar Kelik.

Dalam tinjauan ini, ia juga mendapati animo masyarakat akan beras program Stabilisasi Pasokan dam Harga Pangan (SPHP) cukup tinggi.

Ia menilai masyarakat tertarik dengan beras SPHP karena kualitasnya terjamin bagus dan harga yang lebih terjangkau.

"Beras SPHP kita sudah lihat dan dari pedagang menyampaikan bahwa pasokan sangat cukup untuk pasar ini, sehingga dari sisi penjualan juga cukup baik. Dalam 2 hari itu bisa terjual 2 ton. Itu untuk satu pedagang saja. Jadi, cukup baik," tutur Kelik.

Baca juga: Kowantara: Kenaikan Harga Minyakita Akan Sulitkan Pedagang Warteg

Harga pangan pokok yang dipantau Bapanas di Pasar Serpong antara lain beras medium dibanderol Rp 12.000-12.500 per kilogram (kg), beras premium Rp 14.000 per kg, dan beras SPHP Rp 12.500 per kg.

Berikutnya, daging ayam Rp 35.000-45.000 per kg, daging sapi 130.000 per kg, Minyakita 16.000 per liter, dan gula konsumsi Rp 18.000 per kg.

Baca juga: Pedagang Pasar Kesulitan Dapatkan Beras Premium, Ingatkan Harga Bisa Makin Melonjak

Bawang merah Rp 35.000 per kg, bawang putih Rp 40.000 per kg, dan telur ayam Rp 28.000 per kg.

Sementara itu, cabai merah keriting Rp 50.000 per kg, cabai rawit merah Rp 60.000 per kg, cabai rawit hijau Rp 70.000 per kg.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat