androidvodic.com

Bambang Haryo Sebut Penurunan Harga Avtur Tak Signifikan Tekan Harga Tiket Pesawat - News

News, JAKARTA - Pengamat Transportasi dan logistik, Bambang Haryo Soekartono (BHS) menyebutkan, penurunan harga avtur sebesar Rp1.581 dari salah satu komponen yang diusulkan komisi VII DPR-RI tidak serta merta menurunkan harga tiket pesawat dalam jumlah signifikan.

Dikatakan, pemilik sapaan akrab BHS ini, dalam komponen biaya pesawat itu, cost Avtur itu 30 persen dari total biaya yang ada. Yang besar itu adalah cost untuk keselamatan dan kenyamanan pengguna layanan pesawat.

"Avtur di Indonesia termasuk yang mempunyai harga menengah, untuk wilayah Asia Tenggara. Sebagai pertimbangan, harga Avtur itu sekitar Rp13.300. Walaupun memang di Malaysia dan Singapura, harga Avtur itu berkisar Rp8 ribu hingga Rp9 ribu. Sedangkan di Thailand sekitar Rp 15ribu. Tapi bukan berarti pemerintah harus berkeras menurunkan harga Avtur. Karena, kalaupun harga Avtur turun, tidak serta merta harga tiket pesawat akan turun banyak" Imbuh BHS.

Sebagai ilustrasi, lanjut BHS, jika Avtur mengalami penurunan seribu lima ratus rupiah, seperti yg diusulkan Komisi VII DPR RI maka berarti penurunan Avtur hanya sekitar 12 persen dari 30 persen. Berarti ada penurunan harga tiket sekitar 4 persen dari total harga tiket pesawat.

Baca juga: Luhut Sebut Harga Tiket Pesawat di Indonesia Mahal, Ngaku Pemerintah Lagi Cari Cara Menurunkannya

"Apabila harga tiket pesawat Surabaya ke Jakarta 1,3 juta, bila turun 4 persen, itu hanya turun sekitar Rp52 ribu. Apa itu berpengaruh terhadap kemahalan harga tiket pesawat, kan tidak berpengaruh ?! Pengaruhnya tidak banyak. Apalagi pengguna pesawat itu kan golongan menengah ke atas. Turun 52ribu rupiah apa artinya bagi mereka?” tanya BHS menyambungkan, jadi penurunan itu, tidak akan memberi dampak juga. Apalagi bagi masyarakat menengah ke bawah, mereka merasa harganya masih tetap mahal.

Alumni ITS Surabaya ini menilai dari pada mempertimbangkan penurunan harga Avtur, sebaiknya pemerintah bisa mempertimbangkan untuk menurunkan harga Solar atau Diesel. Karena akan lebih berdampak di perekonomian makro dan mikro secara luas dan jauh lebih besar.

"Karena dari semua moda transportasi, yang paling banyak penggunanya terutama logistik yang berdampak pada ekonomi itu adalah transportasi darat, karena sekitar 80 persen logistik kita menggunakan transportasi darat. Berikutnya diikuti dengan transportasi laut, yaitu 12 persen dan sisanya adalah kereta api serta penerbangan. Jika harga BBM-nya transportasi darat dan laut serta kereta api yaitu diesel/solar diturunkan, tentu dampaknya terhadap ekonomi akan jauh lebih besar dan masyarakat scr luas akan diuntungkan. Terutama masy pengguna transportasi dan juga biaya logistik. Untuk sektor logistik, hal ini bisa mempengaruhi harga produk industri yang ada di Indonesia sehingga masyarakat akan mendapatkan daya beli yang baik,” ungkap BHS.

Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra ini kembali menyatakan pada transportasi udara, biaya yang terbesar adalah jaminan risiko keselamatan dan standarisasi kenyamanan, yang mempengaruhi harga tiket.

"Jangan sampai harga keselamatan ini ditawar. Kalau terjadi kecelakaan, karena tekanan untuk menurunkan harga tiket, yang dilakukan pengusaha transportasi udara dengan menurunkan cost keselamatan, siapa yang mau bertanggung jawab," ungkapnya lagi.

Lebih lanjut, BHS mengatakan ada alternatif bagi masyarakat yang tidak mau menggunakan transportasi udara, yaitu angkutan laut dan angkutan darat.

"Alangkah baiknya jika pemerintah bisa mempertimbangkan harga BBM Solar atau Diesel yang diturunkan. Sejalan dengan meningkatkan kualitas transportasi darat dan laut. Jadi masyarakat bisa mendapat alternatif transportasi, karena tidak mau menggunakan pesawat, bisa menggunakan bus, kereta maupun kapal laut," tutupnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat