androidvodic.com

Pekerja Informal Perlu Pahami Jaminan Sosial, Lindungi diri dari Risiko Kehilangan Penghasilan - News

News, JAKARTA - PT ESTA Dana Ventura menggencarkan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengerek kesejahteraan para tenaga kerja bukan penerima upah (BPU/pekerja informal).

Kali ini Esta Dana menggandeng BPJS Ketenagakerjaan, menggelar edukasi bersama tentang pentingnya jaminan sosial bagi tenaga kerja informal.

Direktur Utama Esta Dana Ventura, Rony Harianto mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan pada Juni 2024 lalu menyasar lebih dari 20.000 debitur yang dimiliki Esta Dana Ventura.

Menurutnya, langkah tersebut diambil sebagai bagian dari komitmen mendukung perlindungan sosial bagi sektor informal dan ultramikro di Indonesia.

"Bagi pelaku usaha mikro, kegiatan ini merupakan langkah penting untuk melindungi mereka dari risiko kehilangan penghasilan akibat kecelakaan yang berhubungan dengan pekerjaan," kata Rony ditulis Kamis (11/7/2024).

Selain itu, sambung Rony, hal itupun merupakan bagian dari upaya perseroan yang tidak hanya memberikan akses keuangan tetapi juga pemahaman akan pentingnya perlindungan sosial bagi semua pekerja, termasuk mereka yang bekerja di sektor informal.

"Melalui kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran dan ketersediaan perlindungan bagi seluruh pekerja bukan penerima upah khususnya Debitur Esta Dana Ventura," ujarnya.

Sementara Siti, salah seorang peserta edukasi menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Baca juga: Ekosistem Digital BPJS Kesehatan Diakui Sebagai Best Practice Jaminan Sosial Dunia

"Saya merasa sangat terbantu dengan informasi yang diperoleh. Sebelumnya saya kurang paham mengenai jaminan sosial yang saya miliki sebagai pekerja bukan penerima upah," katanya.

Siti berharap dengan pemahaman yang baik tentang pentingnya perlindungan sosial, para pekerja informal dapat merasa lebih aman dan nyaman dalam menjalani aktivitas kerja atau usaha mereka sehari-hari.

Baca juga: Presiden Partai Buruh: Wujudkan Jaminan Sosial, Bukan Bantuan Sosial

Rony menambahkan, dengan adanya upaya kolaboratif antara Esta Dana Ventura dan BPJS Ketenagakerjaan ini diproyeksikan bakal mendorong peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjalankan program perlindungan sosial terutama di kalangan pekerja sektor informal dan pelaku usaha mikro.

"Langkah ini juga menjadi contoh bagaimana sektor keuangan dan lembaga perlindungan sosial dapat bekerja sama untuk menciptakan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat," pungkas Rony.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat