androidvodic.com

Pengusaha Fesyen Hadapi Banyak Tantangan di Era Digital, Bisnis Harus Selalu Efisien - News

News - Para pelaku usaha fesyen menghadapi banyak tantangan bisnis di era digital ini.

Salah satunya adalah tantangan dalam memasarkan produk guna meningkatkan omzet dan menguasai serta menjaga agar bisnisnya tetap survive di tengah ketatnya persaingan di pasar digital.

Namun diakui, digitalisasi membuat bisnis fesyen berkembangan sangat pesat terutama dengan dukungan marketplace yang membantu pemasaran prpduk mereka via online ke audiens yang lebih luas.

Namun pebisnis fashion yang menggunakan marketplace sebagai media penjualannya perlu terus meningkatkan efisiensi operasional mereka.

Topik ini menjadi bahasan mengemuka di acara Workshop bertajuk “4 Strategi Brand Fashion: Naikin Omzet dan Kuasai Pasar” yang diselenggarakan supplier kain Paramatex di Denpasar, Bali, Sabtu, 6 Juli 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 100 fashionpreneur mulai dari produsen garment, penyedia jasa printing, penjahit, hingga brand owner.

Para pelaku usaha bisnis fashion mendapatkan sesi coaching dari Coach Ferry Dafira dari Gratyo BusinessVersity .

Untuk mendukung efisiensi usaha para pebisnis fashion, Paramatex berkolaborasi dengan salah satu OMS (Order Management System) SWIFT Hub by Sirclo yang merupakan sistem untuk mengelola stok dan pesanan dari berbagai marketplace.

Baca juga: Produk Tekstil Bersertifikat Halal Diharapkan Bawa Indonesia sebagai Kiblat Fesyen Dunia

“Kita bisa sinkronisasi stok. Misalnya, jika ada pembelian dari Shopee maka stok di marketplace lain akan berkurang. Lalu, bisa kirim dan terima chat dari Tokopedia dan Shopee, kemudian bisa membuat deskripsi dan foto produk menggunakan Katalis teknologi AI," ungkap Senior SMB Commercial SIRCLO, Nava Muzdalifah dikutip Kamis, 1 Juli 2024.

Selain itu, tampilan shipping label juga disesuaikan pada masing masing marketplace.

Menurut Nava, sistem pengelolaan stok ini sudah terintegrasi dengan Shopify (Website).

Chris Rianto, founder dan CEO Paramatex mengingatkan, sebagai pelaku usaha bisnis terutama fashion, kita perlu untuk mengikuti arus pasar dan selalu up to date terhadap sesuatu yang baru.

"Karena perkembangannya begitu cepat, maka kita juga perlu mengoptimalkan segala hal terutama dalam manajemen stok itu harus aktual ya, supaya operasional bisa berjalan dengan baik," ajaknya.

Dijelaskan, SWIFT Hub by Sirclo sudah ada fitur sinkronasi stok, yang dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis kita terutama di era digital seperti saat ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat