androidvodic.com

Dongkrak Wisatawan, Menparekraf Sandiaga Uno Perkuat Jaminan Keamanan Sektor Transportasi - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai kemananan dan keselamatan menjadi kunci utama dalam membangun rasa kepercayaan wisatawan.

Keamanan itu berkaitan dengan penggunaan layanan transportasi yang digagas Grab Indonesia.

“Saya menyaksikan saat pertama kali Grab meluncurkan Pusat Keamanan dan Keselamatan untuk Wisatawan pada akhir tahun lalu di Bali, dan mengapresiasi komitmen berkelanjutan memperkuat sektor pariwisata dengan menghadirkan fitur tersebut di berbagai kota yang menjadi destinasi wisata favorit,” kata Sandiaga dalam keterangan Senin (15/7/2024).

Menurut Sandiaga, penting juga memberi kemudahan bagi pelancong dalam mengakses destinasi wisata.

Baca juga: Sandiaga Usul Dana Abadi Pariwisata Bisa Digunakan untuk Gelaran Moto GP Hingga Java Jazz

“Langkah ini akan sangat berkontribusi dalam mempercepat pencapaian target 14,3 juta wisatawan mancanegara dan 1,25 - 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara di tahun 2024,” urainya.

Pejabat Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan Jakarta sebagai kota metropolitan di Indonesia menjadi tujuan utama bagi turis mancanegara dan domestik.

Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya bersama untuk memberikan jaminan keamanan dan keselamatan sehingga wisatawan nyaman dalam perjalanan dan dapat menikmati keunikan beragam destinasi wisata.

Heru menambahkan tidak hanya wisata budaya dan kuliner, Jakarta juga telah menjadi destinasi favorit untuk wisata bisnis dengan kunjungan wisatawan dari Januari hingga Mei 2024 sebanyak 10.524.565 pengunjung.

“Kami mengapresiasi inisiatif ini untuk wisatawan di Jakarta. Dengan inovasi yang memanfaatkan teknologi keamanan dan keselamatan, kami percaya ini akan semakin memberikan kenyamanan bagi wisatawan selama di Jakarta,” ucapnya.

Hal ini juga sejalan dengan visi Jakarta sebagai kota yang aman dan ramah wisatawan.

Diketahui, Grab Indonesia meluncurkan Pusat Keamanan dan Keselamatan Grab untuk Wisatawan (Grab Tourism Safety & Security Center), sebuah laman berisi ragam informasi lengkap seperti kontak darurat, daftar alamat kantor kepolisian & kedutaan, daftar rumah sakit, dan sambungan telepon 24 jam khusus untuk laporan terkait kekerasan seksual.

Selain di Jakarta, peluncuran juga dilakukan serentak di delapan kota lainnya yakni Yogyakarta, Labuan Bajo, Medan, Batam, Surabaya, Bandung, Lombok, Manado.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, pihaknya ingin menjamin wisatawan mancanegara dan domestik mendapatkan pengalaman yang aman, nyaman, dan menyenangkan selama di Indonesia, khususnya di Jakarta.

“Inisiatif ini bukan hanya tentang meningkatkan keamanan dan keselamatan, namun juga tentang membangun kepercayaan,” tutur Neneng.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat