androidvodic.com

Bantu UMKM Solo, Prodi D3 DKV Sekolah Vokasi UNS Gelar Pelatihan Fotografi Produk Gunakan Smartphone - News

News - Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Prodi D3 Desain Komunikasi Visual (Prodi D3-DKV) telah menggelar pelatihan fotografi produk menggunakan smartphone, Sabtu (6/7/2024).

Kegiatan ini menjadi satu dari dua kegiatan implementasi program pengabdian masyarakat Grup Riset DKV Media Interaktif pada 2024.

Pelatihan fotografi produk diselenggarakan di Rumah BUMN Solo di Jalan Adi Sucipto No.1B, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Kegiatan yang dihelat Prodi D3-DKV Sekolah Vokasi UNS ini mengundang narasumber Galih Sukma Suherman selaku praktisi fotografi.

Pelatihan ini menjadi bentuk kerja sama Prodi D3-DKV UNS dengan Rumah BUMN Solo dan Komunitas Crafter Solo Raya (KCSR).

Selain itu, kegiatan juga dibantu Mahasiswa Prodi D3-DKV yang sudah sangat terampil dengan skill fotografinya.

Kegiatan pelatihan fotografi menggunakan smartphone ini berlangsung baik dan lancar.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai sarana edukasi penggunaan smartphone dan aplikasi fotografi serta pengolahan foto di dalamnya.

Tujuannya, agar bisa bermanfaat semaksimal mungkin bagi UMKM.

UMKM bisa menggunakannya dengan mudah dan menghasilkan karya fotografi, yang bisa digunakan untuk kepentingan promosi dan pemasaran secara digital di berbagai media.

Dilaksanakannya kegiatan ini berawal dari keresahan banyaknya perajin produk barang kerajinan (craft) yang tergabung dalam KCSR.

Baca juga: Pembentukan Karakter Anak Lewat Kategori 2 vs 2 di Festival Basket Usia Dini MBKM FKOR UNS

Mereka sempat kesulitan beradaptasi dengan teknologi digital.

Rata-rata perajin adalah bapak dan ibu usia setengah baya yang mengaku tidak mengenal teknologi digital secara baik.

Rata-rata mereka menggunakan smartphone hanya sebagai alat komunikasi, media promosi, serta transaksi secara personal menggunakan fasilitas komunikasi personal (direct message) di akun Facebook, TikTok, Instagram, atau Whatsapp personal/bisnis.

Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Prodi D3 Desain Komunikasi Visual (Prodi D3-DKV)
Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret (UNS) Prodi D3 Desain Komunikasi Visual (Prodi D3-DKV) menggelar pelatihan fotografi produk dengan menggunakan smartphone, Sabtu (6/7/2024).

Terlaksananya kegiatan ini pun sukses menghasilkan beberapa karya fotografi produk yang nantinya siap digunakan sebagai aset visual di media sosial dan website agar produk craft UMKM tampil secara maksimal, sehingga mampu meningkatkan nilai jual.

Ketua dan Penanggungjawab kegiatan, Nidyah Widyamurti, menyampaikan, kegiatan Prodi D3-DKV Sekolah Vokasi UNS ini merupakan bukti adanya sinergi antara dunia pendidikan tinggi, dunia industri, pemerintah, serta komunitas UMKM untuk berkembang bersama.

Perguruan Tinggi memiliki SDM Mahasiswa yang membutuhkan kesempatan untuk berkembang dan banyak terlibat dengan industri, pemerintah serta masyarakat agar keterampilan yang sudah mereka pelajari sering diasah.

Pemerintah, dalam hal ini Rumah BUMN juga akan sangat terbantu apabila UMKM binaan mereka bisa memiliki kesempatan untuk belajar bersama di dunia industri dan dunia pendidikan tinggi. 

(News/Jayanti Tri Utami)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat