androidvodic.com

Peralatan Kesehatan yang Diangkut Pesawat Hercules dari Tiongkok Dibawa Dengan Truk Besar - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Petugas yang menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) mulai menurunkan satu persatu muatan peralatan kesehatan untuk penanggulangan Covid-19 dari pesawat C-130 Hercules A-1333 milik TNI di Terminal Selatan, Bandara Halim Perdanakusuma pada Senin (23/3/2020) pagi.

Berdasarkan pengamatan Tribunnews di lokasi, terdapat belasan petugas yang menggunakan pakaian hazmat yang menurunkan muatan dari pesawat C-130 Hercules A-1333 milik TNI.

Terpantau, muatan itu dipindahkan dari pesawat ke dua kendaraan truk besar berwarna hitam yang telah tersedia sebelum pesawat tersebut mendarat.

Peralatan kesehatan itu dibungkus di dalam kardus berwarna coklat.

Sebelum dipindahkan ke truk, seluruh muatan pesawat Hercules A-1333 disemprotkan cairan disinfektan terlebih dahulu.

Kemudian setelahnya truk tersebut keluar dari landasan terminal selatan Bandara Halim Perdanakusuma.

Baca: Rekam Jejak Abi Cancer si Wiro Sableng di Dunia Sinema Indonesia, Dari Film Laga Hingga Horor

Baca: Setelah Mendarat di Bandara Halim, Awak Pesawat Hercules A-1333 Langsung Diisolasi di Ruang Khusus

Diberitakan sebelumnya, Pesawat Hercules C-130 yang berangkat Sabtu (21/3/2020) pagi dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Shaleh mendarat dengan aman di Bandara Pudong, Shanghai, Tiongkok pada Sabtu malam waktu setempat.

Peralatan kesehatan dari Tiongkok yang dibawa menggunakan pesawat C-130 Hercules milik TNI AU tersebut, merupakan hasil kerja sama G to G antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok.

Keberangkatan pesawat C-130 tersebut, sesuai dengan permintaan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto kepada Panglima TNI untuk memberikan dukungan pesawat TNI dalam rangka mengambil alat-alat kesehatan untuk penanggulangan Virus Corona di Indonesia.

Adapun alat kesehatan tersebut terdiri dari disposable masks, N95 masks, protective clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps. Total ada 12 ton alat kesehatan yang mereka bawa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat