androidvodic.com

10 Petugas dan Warga Isolasi Mandiri Setelah Pasien Positif Covid-19 dari Jakarta Mudik ke Banyumas - News

News, BANYUMAS - Sebanyak 10 petugas karantina dan pemudik di Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok, Banyumas terpaksa harus menjalani isolasi mandiri setelah dikabarkan ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kabur dari Jakarta dan mudik ke Banyumas.

Belakangan diketahui bahwa PDP itu sudah dinyatakan positif covid-19.

Pasien tersebut berjenis kelamin perempuan dengan usia 40 tahun.

"Sebanyak 10 orang yang terdiri dari petugas karantina desa dan pemudik yang sekarang menjalani isolasi mandiri," ujar Kepala Dinas Kesehatan Banyumas, Sadiyanto melalui pesan singkat, kepada TribunBanyumas.com, Selasa (12/5/2020).

Rencananya, Dinkes akan melakukan rapid test terhadap 10 orang tersebut.

Sebab, 10 orang tersebut telah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

"Kita masih nunggu waktu yang tepat. Rapid test syaratnya minimal satu minggu setelah kontak erat, kalau sekarang antibodi-nya belum terdeteksi," katanya.

Sebelumnya telah diberitakan jika ada seorang pemudik dari Jakarta pulang ke Banyumas.

Pasien yang kala itu sedang menjalani karantina di Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, ternyata positif terinfeksi Covid-19.

Baca: Diwawancarai TV Jepang, Profesor Italia: Rendahkan Hormon Pria Turunkan Risiko Corona

Diketahui bahwa pasien kabur dari Jakarta menggunakan travel dan tiba di Banyumas, Rabu (6/5/2020).

Pasien pun langsung menjalani karantina yang disiapkan pemerintah desa.

Tim gugus tugas baru mengetahui informasi bahwa pasien tersebut positif terinfeksi Covid-19 setelah menerima informasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Tengah, Sabtu (9/5/2020).

Pasien selanjutnya dievakuasi ke RSUD Ajibarang untuk menjalani isolasi.

Suasana kamar isolasi orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 di salah satu ruang kelas SD Negeri 01, 02, 03, dan 04 Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur, Senin (11/5/2020). Pemprov DKI Jakarta menyulap sejumlah sekolah di Jakarta menjadi tempat tinggal sementara tim medis dan kamar isolasi tambahan bagi pasien terindikasi virus corona atau Covid-19, salah satunya adalah gedung SD Negeri 01, 02, 03, dan 04 Cipinang Besar Utara. Di gedung SD ini tercatat sudah ada 5 warga yang diisolasi setelah hasil rapid testnya dinyatakan reaktif atau terindikasi positif Covid-19. Tribunnews/Jeprima
Suasana kamar isolasi orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 di salah satu ruang kelas SD Negeri 01, 02, 03, dan 04 Cipinang Besar Utara, Jakarta Timur, Senin (11/5/2020). Pemprov DKI Jakarta menyulap sejumlah sekolah di Jakarta menjadi tempat tinggal sementara tim medis dan kamar isolasi tambahan bagi pasien terindikasi virus corona atau Covid-19, salah satunya adalah gedung SD Negeri 01, 02, 03, dan 04 Cipinang Besar Utara. Di gedung SD ini tercatat sudah ada 5 warga yang diisolasi setelah hasil rapid testnya dinyatakan reaktif atau terindikasi positif Covid-19. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Pemudik Meningkat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat