androidvodic.com

Presiden Jokowi Mewanti-wanti Jajarannya soal Krisis Pangan di Tengah Pandemi Corona - News

News - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti jajarannya soal krisis pangan yang bisa saja terjadi di tengah terpaan badai pandemi virus corona (Covid-19) saat ini.

Hal tersebut ia sampaikan saat memberikan pengantar rapat terbatas melalui video conference mengenai kebutuhan bahan pokok, Rabu (13/5/2020).

Pernyataan Jokowi ini berdasarkan imbauan yang diberikan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian atau Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO).

"Seperti yang sudah sering saya sampaikan untuk hati-hati dengan peringatan FAO soal krisis pangan karena pandemi Covid-19," ucapnya dikutip dari siaran langsung Breaking News KompasTV.

Selain perihal krisis pangan, Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga membahas pentingnya menstabilkan harga kebutuhan pokok.

Sementara, Jokowi melaporkan berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) disebutkan adanya deflasi sebesar 0,13 persen atas kebutuhan pokok di bulan April 2020.

Baca: Antisipasi Kelangkaan Pangan saat Pandemi Covid-19, Zulkifli Hasan Tanam Ketela di Lahan 2 Hektar

"Ini ada indikasi penurunan permintaan bahan pangan," katanya.

"Dan artinya daya beli masyarakat menurun," imbuhnya.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi permasalahan ini pemerintah telah menggelontorkan sejumlah bantuan sosial (bansos) sebagai jaring pengaman sosial di tengah pandemi.

Sehingga daya beli masyarakat dapat ditingkatkan.

"Pemerintah telah meluncurkan bantuan sosial tunai untuk 9 juta keluarga, BLT desa dari dana desa untuk 11 juta keluarga."

"Ada kartu sembako, ada PKH dan ada juga padat karya tunai, kita harapkan ini meningkatkan daya beli masyarakat," beber Jokowi.

Baca: Jokowi Sebut Bahan Pangan Alami Deflasi 0,13 Persen pada April 2020

55 Persen Penduduk Indonesia Diharapkan Terima Bantuan

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Tangkap layar channel YouTube KompasTV)

Jokowi dalam kesempatan lainnya berharap bantuan sosial atau bansos yang dikucurkan oleh pemerintah dapat menjangkau setengah dari penduduk Indonesia.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti jajarannya soal krisis pangan yang bisa saja terjadi di tengah terpaan badai pandemi virus corona

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat