androidvodic.com

Prabowo Minta Segera Test Swab Massal Seluruh Prajurit TNI Tanpa Kecuali - News

News, JAKARTA - Dua pusat pendidikan prajurit TNI di Bandung dan Cimahi, Jawa Barat ditemukan ribuan orang positif covid-19. Ada 1.262 orang di Secapa TNI AD dan 99 orang di Pusdikpom Cimahi.

Terkait hal itu Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meminta segera dilakukan test swab massal kepada seluruh prajurit TNI tanpa kecuali.

Hal tersebut dilakukan agar seluruh anggota TNI dapat selalu siap sedia menjalankan tugas terlebih TNI menjadi satu di antara sejumlah ujung tombak dalam penanganan covid-19 di lapangan.

"Terkait dengan hal tersebut, Pak Prabowo meminta ada tes swab massal memang kepada seluruh Prajurit TNI, agar semuanya selalu siap sedia menjalankan tugas, apalagi saat ini TNI menjadi salah satu ujung tombak penanganan Covid 19 di lapangan," kata Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Dahnil Anzar Simanjuntak ketika dihubungi via telepon, Jumat (10/7/2020).

Baca: Yurianto: 17 Peserta Didik dan Pelatih Secapa TNI AD yang Dirawat Karena Covid-19 Sudah Membaik

Baca: IDI Sarankan Seluruh Pihak yang Kontak dengan Secapa TNI AD Diperiksa

Dahnil mengatakan sejauh ini juga telah dilakukan beberapa kali tes swab di beberapa unit dan kesatuan. Dahnil mengatakan Prabowo meminta tes swab tersebut dilakukan secara berkesinambungan dan lebih luas.

"Beberapa kali sudah dilakukan di beberapa unit dan kesatuan. Beliau minta bisa dilakukan secara berkesinambungan dan lebih luas karena prajurit TNI banyak turun terlibat langsung dalam penanganan Covid 19, termasuk yang di Wisma Atlet dan dibanyak tempat lainnya," kata Dahnil.

Ketua Satgas Kewaspadaan dan Kesiagaan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban meminta pemeriksaan terhadap pihak yang melakukan kontak dengan klaster baru yakni klaster Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD di Kota Bandung, Jawa Barat.

Secapa AD Bandung dipastikan menjadi klaster baru penyebaran virus corona (Covid-19). 1.262 orang dinyatakan positif dan kini lokasi telah diisolasi.
Secapa AD Bandung dipastikan menjadi klaster baru penyebaran virus corona (Covid-19). 1.262 orang dinyatakan positif dan kini lokasi telah diisolasi. (tangkapan layar di kanal YouTube Kompastv)

Menurut Zubairi, pemeriksaan bukan hanya dilakukan kepada warga sekitar, namun kepada semua pihaknya yang pernah kontak langsung.

"Bukan warga sekitar, tapi semua yang kontak dengan Secapa itu. Misalnya anda tinggal di 1 kilometer dari situ tapi enggak pernah ngobrol, ketemu, ya enggak usah," kata Zubairi.

Zubairi mengatakan pemeriksaan wajib dilakukan kepada pihak yang melakukan kontak dekat dengan pasien positif corona di Secapa TNI AD dalam 14 hari terakhir.

Pihak yang positif dapat dilakukan wawancara mendalam mengenai kegiatannya selama 14 hari terakhir untuk mengetahui pihaknya yang pernah kontak dengannya.

Baca: 1.262 Orang di Secapa TNI AD Bandung Positif Corona, Warga Diminta Tak Panik

Baca: Panglima TNI Optimis Program Pendekar Waras Bisa Tekan Laju Penyebaran Covid-19 di Madiun

"Pihak yang kontak dekat waktu 14 hari terakhir," kata Zubairi.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto menjelaskan kondisi terbaru di Sekolah Calon Perwira TNI Angkatan Darat (Secapa AD) Bandung.

Hal ini menyusul adanya 1.262 orang dari kompleks tersebut yang terjangkit Covid-19.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meminta segera dilakukan test swab massal kepada seluruh prajurit TNI tanpa kecuali.

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat