androidvodic.com

Mengenal Wiku Adisasmito, Jubir Baru Penanganan Covid-19, Dulu Ketua Tim Pakar - News

Laporan Wartawan News, Reza Deni

News, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 kini berganti. Bukan lagi Achmad Yurianto. Ada sosok Prof Wiku Adisasmito, siapa dia? Berikut rekam jejaknya.

Ya, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Prof Wiku Adisasmito menggantikan Achmad Yurianto sebagai Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19.

"Selanjutnya sebagaimana disampaikan oleh Menko Perekonomian bapak Airlangga selaku ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dalam pernyataan pers siang ini, Presiden Joko Widodo telah menunjuk saya sebagai Jubir Satgas penanganan Covid-19," kata Wiku di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, (21/7/2020).

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto dalam keterangan resmi di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Rabu (15/7/2020).
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto dalam keterangan resmi di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Rabu (15/7/2020). (Gugus Tugas Nasional)

Nama Prof Wiku Adisasmito sebenarnya tak asing dalam tim Penanganan Covid-19 bentukan pemerintah.

Prof Wiku Adisasmito sebelumnya menjadi tim pakar.

Prof Wiku Adisasmito merupakan pakar epidemilogi dari Universitas Indonesia.

Merujuk situs staff.ui.ac.id, Wiku dikenal karena penelitiannya yang fokus pada pandemi.

Lahir di Malang, 20 Februari 1964, Wiku tamat dari IPB Bogor dengan menyandang gelar dokter hewan pada 1988.

Gelar selanjutnya menyusul dua tahun kemudian, yakni Master of Science (MSc) dari Colorado State University (CSU) pada 1990 dan Dokter of Philosophy (PhD) pada 1995.

Saat dunia geger oleh virus H1N1 atau flu burung, Wiku ikut ambil andil sebagai salah satu tim ahli di Komisi Nasional Flu Burung dan Pandemi Influenza (Komnas FPBI).

"Kapasitas pengembangan sains yang kita lakukan saat itu bekerja dengan baik dan kemudian membawa akumulatif knowledge sampai sekarang," ujar Ketua Pelaksana Harian Komisi Nasional Flu Burung dan Pandemi Influenza (Komnas FPBI) 2006-2010 sekaligus Wakil Menteri Pertanian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Dr. Bayu Krishnamurti, di Graha BNPB, Jumat (10/7/2020) lalu.

Sebagai akademisi di bidang kesehatan masyarakat, Wiku telah menerbitkan sejumlah penelitian dan buku yang berfokua pada sistem kesehatan dan penanggulangan penyakit infeksi.

Berikut daftarnya:

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 kini berganti. Bukan lagi Achmad Yurianto tapi Prof Wiku Adisasmito, siapa dia? Berikut rekam jejaknya.

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat