androidvodic.com

Respons Politikus Golkar Sikapi Ditutupnya Puluhan Kantor Karena Temuan Kasus Covid-19 di Jakarta - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - 31 perkantoran ditutup Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi DKI setelah adanya temuan kasus positif Covid-19 dan kedapatan melanggar aturan pembatasan 50 persen kapasitas karyawan.

Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco mengatakan Pemprov DKI Jakarta harus melakukan evaluasi terhadap kebijakan pelonggaran masa PSBB transisi.

"Pemprov DKI Jakarta harus mengakui dan mengevaluasi bahwa dengan adanya 31 klaster perkantoran, ini bentuk kegagalan mengantisipasi," ucap Basri saat dihubungi, Kamis (6/8/2020).

Baca: Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di DKI Jakarta Mencapai 63,4 Persen

Padahal kata dia, ketika kebijakan pembatasan dilonggarkan pemerintah daerah punya tanggung jawab melakukan pengawasan ketat dan meminta masyarakat menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seharusnya bukan cuma sekadar membuat aturan yang berlandaskan hukum saja, tapi juga mengimplementasikan aturan tersebut.

Sebab saat ini Baco menilai Pemprov DKI hanya sekadar punya aturan untuk menindak pelanggar, tapi tidak melakukan pengawasan secara masif dan ketat.

Baca: DKI Tutup 31 Perkantoran: 24 Karena Ditemukan Kasus Covid-19, Sisanya Langgar Protokol Kesehatan

"Ini yang selalu dari awal saya katakan, bahwa ketika kita sudah buka kantor, maka tanggung jawab Pemprov tidak boleh lepas," ucap dia.

"Tidak hanya buat Pergub dan membagikan aturannya, tapi kalau tidak ada kontrol di gedung-gedung itu terkait pelaksanaan protokol kesehatannya ini akan jadi bencana," katanya.

Sebelumnya Disnakertrans DKI mengungkap ada 31 perkantoran yang ditutup. Rinciannya 24 kantor ditutup karena ada laporan kasus Covid-19, dan 7 kantor lainnya melanggar protokol kesehatan yang diatur.

Cara Mencegah Penularan Virus Corona

Penularan virus corona dapat dilakukan tindakan pencegahan agar tidak tertular sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan dan kebugaran agar sistem imunitas tubuh meningkat.

2. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, atau menggunakan alkohol 70-80% handrub, sesuai langkah-langkah mencuci tangan yang benar.

3. Ketika batuk dan bersin, upayakan menjaga agar lingkungan sekitar tidak tertular.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Basri Baco mengatakan Pemprov DKI Jakarta harus melakukan evaluasi terhadap kebijakan pelonggaran masa PSBB transisi.

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat