androidvodic.com

Menkes Klaim Mobilitas Masyarakat Saat Imlek Tak Tinggi, Covid-19 Dapat Ditekan - News

Laporan Wartawan News, Ilham Rian Pratama

News, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengklaim mobilitas masyarakat saat libur Imlek 2021 tak begitu tinggi, sehingga angka laju Covid-19 dapat ditekan.

“Kita bersyukur liburan Imlek kemarin relatif, kita lihat mobilitasnya tidak naik terlalu tinggi, nanti kita akan lihat dalam dua minggu ke depan dampaknya seperti apa, tapi Insya Allah tidak tinggi," ujar Budi dalam konferensi pers via daring, Sabtu (20/2/2021).

Berdasarkan pengalaman yang ada, kata Budi, libur panjang yang menyebabkan mobilitas tinggi memang berpengaruh kepada meningkatnya jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19.

Baca juga: 5.000 Personel Gabungan TNI-Polri Siap Jadi Tracer Covid-19

"Rata-rata kasus konfirmasi itu naik 30-40 persen. Kita melihat Lebaran tahun lalu seperti itu, liburan Natal tahun baru dampaknya juga tinggi sekali," kata dia.

Maka dari itu, menjelang libur panjang Hari Raya Idul Fitri yang akan jatuh pada bulan Mei 2021 mendatang, Budi mengimbau masyarakat agar tidak bepergian.

Budi mewanti-wanti, mobilitas tinggi dapat kembali meningkatkan jumlah kasus positif Covid-19.

Baca juga: Komite Penanganan Covid-19 Siapkan Empat Strategi Percepat Vaksinasi

“Jangan sampai yang sudah kita lakukan bagus sekarang kemudian harus kita ulangi lagi, ada kenaikan kasus konfirmasi 30-40 persen lagi, ada tekanan rumah sakit lagi, ada banyak tenaga kesehatan kita yang harus terkena dan terisiko lagi, dengan cara kita membatasi pergerakan pada saat liburan nanti," tandas Budi.

Sebelumnya Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo sebelumnya menyebut perlu ada evaluasi terkait kebijakan cuti dan libur nasional selama 2021.

Baca juga: Jokowi: 215 Negara Berebut Dapatkan Vaksin Covid-19, Semua Pengen Dapat Vaksin

Menurut Tjahjo, kebijakan libur dan cuti tersebut harus mencermati perkembangan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Perlu evaluasi lagi keputusan yang sudah ada terkait libur, cuti, dan lainnya selama 2021. Sambil mencermati gelagat perkembangan Covid-19 di wilayah Indonesia," tutur Tjahjo, Senin (15/2/2021).

"Evaluasi nanti yang memimpin Menko PMK. Saya tunggu bagaimana keputusan rapat yang dipimpin Menko PMK atau Menko lain," imbuhnya.

Terkini Lainnya

  • Penanganan Covid

  • Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengklaim mobilitas masyarakat saat libur Imlek 2021 tak begitu tinggi

  • Jepang Dihantui Covid-19 Jenis Baru KP.3, Apa Gejalanya?

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat