androidvodic.com

Vaksinasi Lansia Akan Dimulai, Prioritas di DKI dan Ibukota 34 Provinsi, Begini Cara Daftarnya - News

Laporan wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA - Pemerintah meluaskan cakupan vaksinasi covid-19. Seteah tenaga kesehatan dan pelayan pubik, kini vaksin untuk lansia segera dimulai.

Kementerian kesehatan menyarakan karena ketersediaan vaksin masih terbatas maka pelaksanaannya akan digelar secara bertahap, diawali dengan sasaran lansia di ibukota 34 provinsi di Indonesia.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengatakan, khusus DKI Jakarta pada tahapan awal ini, semua lansia di wilayah kota madya turut divaksinasi.

Baca juga: Penderita Diabetes Boleh Ikut Vaksinasi Covid-19, Tapi Ada Ketentaunnya, Simak Penjelasan Dokter

Baca juga: Kemenkes: Tujuh Provinsi di Pulau Jawa dan Bali Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua

"Dengan keterbatasan vaksin maka akan diutamakan bagi kelompok lansia di atas 60 tahun yang ada di seluruh Provinsi DKI Jakarta dan juga ibukota provinsi di 33 provinsi yang ada," ujarnya dalam konferensi pers virtual terkait Vaksinasi Bagi Lansia, Jumat (19/2/2021).

Seperti kota Bandung untuk provinsi Jawa Barat, kota Denpasar untuk provinsi Bali, kota Medan untuk Provinsi Sumatera Utara, Kota Makassar Sulawesi Selatan dan seterusnya.

VAKSINASI NAKES LANSIA - Salah satu nakes lansia di RS Husada Utama saat mengikuti vaksinasi, Senin (8/2). RS Husada Utama mulai melakukan vaksinasi kepada nakes lansia dimana hari pertama diikuti 22 nakes lansia. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
VAKSINASI NAKES LANSIA - Salah satu nakes lansia di RS Husada Utama saat mengikuti vaksinasi, Senin (8/2). RS Husada Utama mulai melakukan vaksinasi kepada nakes lansia dimana hari pertama diikuti 22 nakes lansia. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ (SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

Sementara terkait waktu pelaksanaan pasti vaksinasi kelompok lansia ini, Nadia mengatakan akan berlangsung pekan depan.

Terdapat persiapaan yang terus dimatangkan pihaknya bersama pemerintah daerah, seperti proses distribusi vaksin juga sedang berjalan maupun peralihan pelayanan vaksinasi di fasyankes untuk vaksinasi tahap satu ke tahap kedua ini.

"Ada proses yang disiapkan pasca registrasi melalui website. Dinas kesehatan kabupaten kota maupun provinsi harus menyusun jadwal. Jadi secepat-cepatnya itu mungkin minggu depan seperti itu tapi nanti ditunggu jadwalnya lebih pastinya dari dinas kesehatan provinsi dan kabupaten kota," jelas Nadia.

Bagaimana Cara Daftarnya? Ini Daftar Lengkap Situs Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia

Kemenkes Rilis Situs Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di 34 Ibukota Provinsi, Ini Daftar Lengkapnya

Kementerian kesehatan merilis resmi daftar situs pendaftaran bagi sasaran tahap kedua vaksinasi Covid-19 untuk kelompok Lanjut Usia (usia 60 tahun keatas).

"Vaksinasi untuk target kelompok ini akan dimulai di Jakarta dan ibu kota provinsi untuk seluruh provinsi di Indonesia. Namun dalam fase awal diprioritaskan dahulu untuk Jawa dan Bali dimana lebih dari 65 persen kasus Covid-19 nasional tercatat," demikian dikutip dari keterangan Kemenkes, Sabtu (20/2/2021).

Ilustrasi vaksin
Ilustrasi vaksin (freepik.com)

Pendaftaran vaksinasi untuk lansia ini dapat dilakukan melalui dua mekanisme.

Terkini Lainnya

  • Penanganan Covid

  • Pemerintah meluaskan cakupan vaksinasi covid-19. Seteah tenaga kesehatan dan pelayan pubik, kini vaksin untuk lansia segera dimulai.

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat