androidvodic.com

Satgas: Disiplin Kolektif Jauh Lebih Penting Dalam Pengendalian Covid-19 - News

News, JAKARTA - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B. Harmadi mengatakan, untuk membangun ketahanan kesehatan masyarakat maka garda terdepan mengakhirinya adalah masyarakat itu sendiri.

Menurut Sonny, masyarakat punya kekuatan untuk bergotong-royong saling mendukung satu dengan lainnya. Terutama komunitas dalam penanganan pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Sonny dalam dialog bertajuk Efektifitas PPKM Mikro: Peran Penting Masyarakat Dalam Menekan Penyebaran Covid-19 yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (26/2/2021).

"Peran dari komunitas menjadi sarana penting. Komunitas masyarakat bermusyawarah untuk merumuskan, mereka juga bisa membuat aturan mana yang boleh juga bagaimana mekanisme pelaksanaan kegiatannya dari upaya upaya pencegahan itu harus dilakukan pada level komunitas terkecil yaitu RT RW dan desa," kata Sonny.

Oleh karenanya, kata Sonny, kalau diperhatikan pada di level RT RW dan Desa, justru mereka menyesuaikan dengan potensi, kemampuan dalam untuk mengawasi komunitasnya sendiri.

Terutama, dalam melaksanakan fungsi-fungsi pencegahan bentuk secara agregat sangat baik.

"Disiplin kolektif itu jauh lebih penting daripada pengawasan secara (individu,red). Kolektif efektif dibanding pengamatan secara karenanya segala dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat dengan menggali potensi yang dimiliki masyarakat agar berdaya dan mampu berperan di dalam mengatasi atau mengakhiri pandemi," jelasnya.

Terkini Lainnya

  • Penanganan Covid

  • masyarakat punya kekuatan untuk bergotong-royong saling mendukung satu dengan lainnya. Terutama komunitas dalam penanganan pandemi Covid-19.

  • Covid-19 di Singapura Alami Peningkatan, Kemenkes: Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat