androidvodic.com

Riset Ipsos Sebut 80 Persen Masyarakat Indonesia Sambut Baik Vaksinasi - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Perusahaan peneliti pasar atau market research global, Ipsos  melakukan riset untuk memahami perkembangan opini dan perilaku masyarakat selama pandemi Covid-19.

Survei diadakan secara online, sejak 4-15 Februari 2021 yang mencakup negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Filipina.

Sampel yang digunakan dalam survei ini sebanyak 500 warga Indonesia berusia 18 tahun ke atas.

Pengumpulan data dilakukan dengan metodologi online, dengan Ipsos Online Panel.

Ketepatan survei online diukur menggunakan interval yang kredibel.

Dalam hal ini, hasil yang didapat akurat hingga kurang lebih 3,5 persen terhadap pandangan dan perspektif seluruh warga Indonesia berusia mulai 18 tahun ke atas (95 persen kepercayaan interval).

Dalam survei tersebut, di antara negara Asia Tenggara, sebanyak 80 persen responden Indonesia dan Vietnam 94 persen adalah dua negara yang masyarakatnya paling menyambut baik dan bersemangat mendapatkan vaksin Covid-19.

Baca juga: JK: Masjid akan Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19 Bulan Depan

Sebanyak 49 persen responden Indonesia percaya dan yakin pendemi akan segera berakhir dengan adanya vaksinasi.

Kemudian, 64 persen masyarakat Indonesia juga optimis bahwa lebih dari setengah populasi penduduk akan tervaksin di tahun 2021.

Managing Director Ipsos Indonesia, Soeprapto Tan mengatakan laporan hasil survei gelombang ketiga Ipsos ini sangat komprehensif, mencakup berbagai aspek, mulai dari opini dan perilaku masyarakat terhadap vaksin, perkembangan perilaku konsumsi, situasi ekonomi dan pendapatan masyarakat, minat beli konsumen, pilihan saluran pembelian (purchasing channel) dan penggunaan dompet digital (e-wallet), serta industri UMKM dan jenis produk yang paling diminati masyarakat saat ini.

"Tak hanya itu, hasil survei ini juga memberikan proyeksi perilaku konsumsi ke depannya, sehingga pemain bisnis dapat mengetahui trend dan sektor yang akan berkembang ke depannya," terang Soeprapto, Selasa (23/3/2021).

Masyarakat Indonesia (50 persen) dan Vietnam (50 persen) paling bersedia dan ingin segera mendapatkan vaksinasi dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya.

Survei juga menyebut Indonesia konsisten sebagai negara paling optimis akan adanya pemulihan dan peningkatan ekonomi dalam enam bulan ke depan (76 persen) dibandingkan negara lain se-Asia Tenggara.

Terkini Lainnya

  • Penanganan Covid

  • Sebanyak 49 persen responden Indonesia percaya dan yakin pendemi akan segera berakhir dengan adanya vaksinasi

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat