androidvodic.com

Cara Pintar Isolasi Mandiri Saat Terpapar Covid-19 Bagi yang Bergejala Ringan dan Sedang - News

News, MANADO -  Tidak perlu panik jika terpapar virus covid dan kehabisan tempat rawat inap di rumah sakit khusus penanganan Pandemi Covid-19.

Terpapar corona dengan gejala ringan dan sedang dapat disembuhkan melalui skema isolasi mandiri atau Isoman di rumah dengan beberapa langkah mudah namun harus konsisten diterapkan.

Isolasi mandiri dengan cara yang tepat merupakan solusi terkini yang turut disarankan sebagai solusi guna mengatasi polemik kehabisan tempat layanan di rumah sakit akibat melonjaknya pasien yang terpapar virus Corona.

Hal ini dikatakan dr Jonathan Surentu dari Siloam Hospitals Manado berbagi tips sehat selama menjalankan program Isoman dalam program edukasi masyarakat berbasis online bertajuk The Smart Isoman, Jumat (16/7/2021).

1. Isoman sebaiknya khusus yang bergejala ringan dan sedang

Dikatakan Jonathan Surentu, Isoman mulai dilakukan saat PCR Test atau Hasil Swab Antigen diketahui positif dengan sejumlah gejala ringan dan  gejala sedang, misalnya batuk, pilek, sakit kepala atau tidak memiliki gejala sama sekali (Asimtomatik).

Baca juga: Isolasi Mandiri di Rumah, Pasien Covid-19 Usia 70 Tahun Meninggal Dunia, Menolak Dirawat di RS

2. Ventilasi baik dan dilengkapi peralatan medis

"Sebaiknya isoman dilakukan di lingkungan rumah atau di kamar yang memiliki ventilasi udara yang cukup baik.

Setelah itu siapkan sejumlah peralatan medis pun obat dan vitamin," tutur dr Jonathan Surentu.

Dijelaskannya, bebarapa alat medis dasar yang perlu disiapkan antara lain masker medis, thermometer (pengukur suhu badan), Oxymeter (pengukur saturasi Oksigen), obat-obatan (paracetamol 3x500 mg bila demam/nyeri, Vitamin C 3x500 mg, Vitamin D 400-1000 IU, Multivitamin, dan obat-obatan yang direkomendasikan dokter.

3. Tetap menjalankan protokol kesehatan

"Selama melakukan Isoman, protokol kesehatan tetap dipertahankan, yaitu tetap dirumah, selalu cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, gunakan masker, dan tetap menjaga jarak dengan penghuni rumah didalamnya," ungkap Jonathan.

Dokter Jonathan Surentu yang berpraktek tetap di RS Siloam Manado ini pun mengingatkan jika bergejala batuk,  agar etika batuk pun diterapkan, yaitu gunakan tissu atau menutup mulut dan hidung dengan lengan atas bagian dalam jika batuk berkelanjutan.

4.  Olahraga ringan dan berjemur

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat