androidvodic.com

Panglima TNI Perintahkan TNI AU Kerahkan Hercules Kirim Ribuan Alat Kesehatan Ke Sumatera - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memerintahkan TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan pesawat Hercules untuk mengirimkan ribuan bantuan alat kesehatan ke dua wilayah di Sumatera yakni Padang dan Medan pada Selasa (10/8/2021).

Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto mengatakan pesawat yang dikerahkan adalah Hercules C-130 dengan Pilot Mayor Pnb Aleg Chandra dari Skadron 31 Lanud Halim Perdanakusuma.

Pesawat tersebut, kata Edys, mengangkut bantuan sebanyak 175 koli alat kesehatan.

Baca juga: Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H, Bamsoet Ajak Umat Islam Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Alat kesehatan itu, lanjutnya, terdiri dari alat konsentrator oksigen dan selang Nasal Cannula.

Rinciannya adalah 50 alat oksigen konsentrator dan 1.000 pcs selang Nasal Cannula dikirim ke Lanud Sutan Sjahrir Padang, Sumatera Barat serta 100 alat oksigen konsentrator dan 2.000 pcs selang Nasal Cannula dikirim ke Lanud Suwondo Medan Sumatera Utara.

"Selain mengangkut bantuan Alkes dari Panglima TNI, pesawat Hercules milik TNI AU juga membawa bantuan dari Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia," kata Edys dalam keterangan resmi Puspen TNI pada Selasa (10/8/2021).

Baca juga: Yenny Wahid Beberkan Kiprah Desa Damai Hadapi Pandemi Covid-19

Sehari sebelumnya yakni pada Senin (9/8/2021) TNI juga mengirimkan bantuan alat kesehatan ke Provinsi Bangka Belitung dengan menggunakan pesawat Hercules C-130.

Alat kesehatan yang dikirim yakni berupa alat konsentrator oksigen dan selang Nasal Cannula

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat