androidvodic.com

Daftar 9 Vaksin Covid-19 yang Telah Mengantongi EUA dari BPOM RI - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA -- Tercatat hingga awal September ini, Badan POM RI telah menerbitkan 9 izin penggunaan darurat atau EUA vaksin COVID-19.

Kepala Badan POM RI Penny K. Lukito menegaskan, penerbitan EUA untuk semua jenis vaksin melalui pengkajian yang intensif terhadap keamanan, khasiat, dan juga mutunya.

Badan POM selalu berkolaborasi bersama para pakar dalam memastikan pemenuhan standar keamanan, khasiat, dan mutu vaksin yang melibatkan para pakar di bidang farmakologi, imunologi, klinisi, apoteker, epidemiologi, virologi, dan biomedik yang tergabung dalam tim Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), serta asosiasi klinisi terkait.

Berikut daftar vaksin Covid-19 yang diizinkan penggunaannya sebagai upaya pencegahan virus corona :

1. Sinovac

Seorang petugas kesehatan memegang botol vaksin Sinovac untuk virus corona Covid-19 di gedung konvensi di Banda Aceh pada 7 Agustus 2021.
Seorang petugas kesehatan memegang botol vaksin Sinovac untuk virus corona Covid-19 di gedung konvensi di Banda Aceh pada 7 Agustus 2021. (CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)

Vaksin yang diproduksi oleh Sinovac Biotech ini merupakan vaksin pertama di Indonesia yang memperoleh EUA.

EUA vaksin dari produsen Tiongkok ini diterbitkan pada 11 Januari 2021.

Vaksin ini memiliki efikasi vaksin dari uji klinik di Bandung menunjukkan efikasi vaksin sebesar 65,3 persen.

Dan berdasarkan laporan dari efikasi vaksin di Turki adalah sebesar 91,25 persen serta di Brazil sebesar 78 persen.

2. Vaksin Covid-19 Bio Farma

PT. Bio Farma juga mendatangkan bulk bahan baku vaksin yang siap untuk di-filling dan dikemas di sarana produksi milik PT. Bio Farma.

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito menyampaikan vaksin Covid-19 yang diproduksi PT. Bio Farma sama kandungan dan profil khasiat-keamanannya dengan vaksin CoronaVac yang diproduksi di Sinovac Beijing.

Namun karena terdapat perbedaan tempat produksi, perbedaan kemasan dari single dose menjadi multiple dose maka sesuai peraturan wajib diregistrasikan untuk mendapatkan Persetujuan Izin Edar ataupun EUA.

Terkini Lainnya

  • Penanganan Covid

  • Tercatat hingga awal September ini, Badan POM RI telah menerbitkan 9 izin penggunaan darurat atau EUA vaksin COVID-19. Berikut daftarnya.

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat