androidvodic.com

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, 107 Kabupaten-Kota Terapkan Level 3 - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Pemerintah kembali melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali selama dua pekan ke depan atau tepatnya dari 5-18 Oktober 2021.

Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Marinves)  Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa dalam PPKM ke depan, terdapat perubahan level di sejumlah daerah.

"Dalam  penerapan  PPKM  Level  selama  dua  minggu ke depan,  terdapat 20 Kabupaten/Kota yang bertahan  di Level 2.  Dan untuk yang di Level 3  bertambah dari  84 Kabupaten/Kota menjadi 107 Kabupaten/Kota," kata Luhut dalam Konferensi pers virtual yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Senin, (4/10/2021).

Bertambahnya jumlah daerah yang menerapkan PPKM level 3 dari sebelumnya level 2 karena tidak tercapainya target cakupan vaksinasi. Untuk diketahui cakupan vaksinasi kini menjadi salah satu kriteria dalam penentuan level PPKM.

Baca juga: PPKM Bali Turun ke Level 3, Pemerintah Dinilai Perlu Longgarkan Acara Musik di Kawasan Pantai

"Karena kota-kota di level 2 yang sebelumnya mendapat dispensasi  belum mampu mencapai target cakupan vaksinasi," katanya.

Luhut mengatakan situasi  Pandemi  Covid-19  terus  menunjukkan  perbaikan selama  dua  minggu  belakangan ini. Kasus konfirmasi nasional  turun  98 persen dan Kasus  konfirmasi  Jawa -Bali  juga menunjukan penurunan hingga  98,7 persen dari puncaknya pada 15  juli  lalu.

"Tingkat  reproduksi  efektif  di  Jawa -Bali  juga  sudah  berada dibawah  1,  dan  khusus  untuk  Bali  masih  diangka  1.  Selain itu  jumlah  testing  yang  dilakukan  perhari  terus  mengalami peningkatan  sehingga  dapat  menurunkan  tingkat  positivity rate  yang  sudah  berada  dibawah  1," pungkasnya.

Terkini Lainnya

  • Pemerintah kembali melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali selama dua pekan ke depan

  • Covid-19 di Singapura Alami Peningkatan, Kemenkes: Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat