androidvodic.com

Total Ada 4,2 Juta Kasus, Gelombang Ketiga Covid-19 Diprediksi Akhir Tahun karena Libur Panjang - News

News, JAKARTA - Gelombang ketiga penularan Covid-19 di Tanah Air yang menurut para ahli mungkin terjadi di akhir tahun 2021.

Lonjakan kasus Covid-19 mungkin terjadi akibat libur akhir tahun.

Hal lain yang mendukung adalah mobilitas masyarakat yang sudah mulai meningkat.

Hingga Selasa (12/10/2021), Satgas Penanganan Covid-19 mencatat 4.229.813 kasus Covid-19, setelah diketahui bertambah 1.261 kasus dalam 24 jam terakhir.

Sementara itu, jumlah pasien yang telah dinyatakan sembuh mencapai 4.065.425 dan 142.763 orang dinyatakan meninggal dunia.

Satgas juga melaporkan saat ini ada 21.625 kasus aktif Covid-19.

Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) meminta seluruh rumah sakit tetap siaga menghadapi gelombang ketiga Covid-19 yang diprediksi akan terjadi pada akhir tahun.

Dilansir dari Kompas.com, Sekjen Persi Lia G. Partakusuma dalam diskusi secara daring mengatakan, pihaknya tidak hanya mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

"PERSI sudah membuat edaran bulan September kemarin untuk tetap menyiagakan rumah sakit, terutama di daerah perbatasan, kami sudah minta rumah sakit untuk lebih siaga," kata Lia, Selasa.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Semakin Terkendali, 18 Provinsi di Indonesia Catat Nol Kematian

Menurut Lia, pelonggaran-pelonggaran aktivitas yang ditetapkan pemerintah selama penurunan kasus Covid-19 dapat memicu pergerakan masyarakat dari satu tempat ke tempat lain.

Hal ini, kata dia, dapat berisiko terjadinya peningkatan penularan virus Corona.

"Memang kita melakukan karantina, tetapi kan kita tahu untuk melacak satu virus itu sebetulnya tidak mudah, misalnya dengan karantina 5 hari, tapi bisa jadi 2 minggu baru timbul," ujarnya.

Di sisi lain, Lia mendukung rumah sakit di daerah-daerah yang sudah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dan sarana untuk menghadapi gelombang ketiga Covid-19.

Namun, ia berharap agar semua pihak dapat berkontribusi dalam menekan penurunan kasus Covid-19.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Gelombang ketiga penularan Covid-19 di Tanah Air yang menurut para ahli mungkin terjadi di akhir tahun 2021.

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat