androidvodic.com

Sekolah Tatap Muka Digelar, Dokter Ingatkan Anak Bisa Jadi Sumber Penularan - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Sekolah tatap muka terbatas diberlakukan di Jakarta dan di beberapa wilayah di Indonesia seiring penurunan kasus covid-19.

Dengan syarat, daerah tersebut berada di level tiga dan dua. Kemudian, semua civitas sekolah terutama keluarga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Namun dokter spesialis anak dr Melanie Yudiana Iskandar, Sp A mengatakan jika aktivitas ini membuat orangtua lengah. Karena selain orang dewasa, anak bisa menjadi sumber penularan. 

"Anak sendiri awalnya tertular karena terkena kluster keluarga. Dengan dimulainya pembelajaran tatap muka, anak bisa menjadi sumber penularan. Jadi harus betul betul hati-hati," ungkapnya pada seminar virtual, Kamis (14/10/2021).

Oleh karena itu, pihak sekolah serta orangtua harus menjaga anak supaya dengan PTM tidak memicu terjadi kenaikan angka Covid-19. 

Baca juga: Wiku Ingatkan Pentingnya Simulasi PTM Sesuai Kelompok Umur dan Sekolah

Baca juga: 3.039 Sekolah di Jakarta Sudah Menggelar Pertemuan Tatap Muka

Selain itu menurut pemaparan dr Melanie, anak memiliki risiko yang sama dengan orang dewasa. Anak berisiko terkena Covid-19.  

Maka penting ditanamkan kepada anak-anak agar disiplin menerapkan protokol kesehatan, yakni mencuci tangan, pakai masker, jaga jarak, dan hindari kerumunan. 

Mungkin perbedaannya hanya di gejala. Pada anak, gejala Covid-19 terhitung ringan. Kecuali pada anak-anak yang memiliki komorbid. 

Seperti obesitas atau daya tahan tubuh Rendah. Anak yang memiliki komorbid memang memiliki daya tahan tubuh lebih rendah dari anak biasa.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Diharapkan orangtua dan pihak sekolah jangan lengah supaya pembelajaran tatap muka tidak memicu kenaikan angka covid-19.

  • Covid-19 di Singapura Alami Peningkatan, Kemenkes: Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat