androidvodic.com

Vaksinasi Covid-19 Penting Bagi Anak, Cegah Morbiditas dan Mortalitas - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Virus corona (Covid-19) tidak hanya dialami oleh kelompok usia dewasa serta lanjut usia (lansia), namun juga mereka yang masuk dalm kategori anak-anak.

Saat ini pemerintah pun terus menggaungkan program vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal (herd immunity).

Tentunya vaksinasi ini juga menargetkan kelompok usia anak.

Baca juga: Update Capaian Vaksinasi Covid-19: 83 Juta Orang Terima Dosis Lengkap, Hampir 40% dari Target

Baca juga: Orang Tua Tak Perlu Khawatir, IDAI Sebut Efek Samping Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Ringan

Lalu apakah vaksinasi Covid-19 memang harus dilakukan pada anak-anak?

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Dokter Spesialis Anak, dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K)., mengatakan bahwa kelompok anak memang harus mendapatkan perlindungan vaksinasi.

Hal itu karena saat mereka terinfeksi, kasusnya bisa berakibat fatal.

Petugas Puskesmas Leuwigajah, Kota Cimahi melakukan imunisasi difteri titanus kepada siswa Sekolah Dasar Negeri Leuwigajah 2,  Jalan Cibogo, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Sabtu (14/11/2020). Sebanyak 198 siswa kelas 1, 2 dan 5 masuk dalam daftar siswa yang menerima imunuisasi ini. Kegiatan rutin kerjasama Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kota Cimahi ini biasanya dilakukan setiap bulan Agustus dengan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah  (BIAS). Dikarenakan masa pandemi covid-19, kegiatan ini baru dapat dilakukan lagi setelah penyebaran covid-19 menurun di Kota Cimahi. Pelaksanaan dengan protokol kesehatan dilakukan oleh pihak sekolah dengan menjadwal siswa untuk datang secara bergantian agar tidak terjadi kerumunan siswa. Siswa yang datang dilakukan pengukuran suhu tubuh dan mencuci tangan menggunakan sabun pada tempat yang sudah disiapkan pihak sekolah. Tribun jabar/zelphi
Petugas Puskesmas Leuwigajah, Kota Cimahi melakukan imunisas kepada siswa Sekolah Dasar Negeri Leuwigajah 2, Jalan Cibogo, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Sabtu (14/11/2020). Tahun depan vaksin akan diberikan pada anak usia 6-11 tahun. Vaksinasi Covid-19 Penting Bagi Anak, Cegah Morbiditas dan Mortalitas(TRIBUN JABAR/ZELPHI)

Meskipun temuan kasus Covid-19 pada usia anak tidak sebanyak kelompok dewasa.

"Kita perlu melindungi segmen usia anak-anak ini, karena walaupun kejadiannya tidak banyak, tetapi juga bisa tertular dan menjadi fatal karena Covid ya," ujar dr. Piprim, dalam virtual talkshow Tribunnews bertajuk 'Vaksin Covid-19 untuk Anak', Jumat (12/11/2021).

Ia kemudian menjelaskan bahwa Covid-19 ini dapat menyebabkan sindrom peradangan multisistem pada anak-anak (MIS-C).

Kondisi ini membuat beberapa bagian tubuh mengalami peradangan, mulai dari jantung, paru-paru, ginjal, otak, kulit, mata hingga organ pencernaan.

Saat anak mengalami MIS-C akibat Covid-19, ini tidak hanya akan mendorong banyaknya anak yang mengalami penyakit karena peradangan organ pada periode tertentu (morbiditas), namun juga peningkatan angka kematian (mortalitas).

"Kita kenal istilahnya MIS-C yaitu inflamasi multisistem pada anak-anak dan ini bisa juga menyebabkan morbiditas dan juga mortalitas," kata dr. Piprim.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Kelompok anak memang harus mendapatkan perlindungan vaksinasi.Hal itu karena saat mereka terinfeksi, kasusnya bisa berakibat fatal.

  • Covid-19 di Singapura Alami Peningkatan, Kemenkes: Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat