androidvodic.com

Menkes: Vaksinasi Covid-19 Berbasis Risiko, Lansia Kemudian Anak-anak - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memaparkan pemberian vaksinasi Covid-19 di Indonesia termasuk anak-anak dilakukan berbasis risiko.

Adapun kelompok paling berisiko adalah tenaga kesehatan, kemudian lansia, disusul orang dewasa kelompok umur 40-50 tahun, anak muda, lalu remaja.

Bahkan untuk fatality rate pada kelompok lansia secara global mencapai 12 persen.

"Imunisasi itu diberikan berbasis risiko itu sebabnya kenapa nakes duluan karena laling sering ketemu dengan pasien kenapa kemudian orang tua duluan karena orang tua secara global itu kata fatalitynya paling tinggi 12 persen," ujar Budi dalam keterangan pers virtual, Senin (15/11/2021).

Baca juga: Solusi Perbaiki Data Sertifikat Vaksin Covid-19 Dilengkapi Cara Download Sertifikat Vaksin

Menurut Budi, anak-anak memiliki fatality rate yang lebih rendah jika terpapar Covid-19 bila dibandingkan lansia maupun orang dewasa lain.

Untuk itulah, pelaksanaan vaksinasi pada kelompok usia 6-11 tahun diselenggarakan setelah cakupan pada lansia dan orang dewasa minimal 70 persen.

"Anak-anak yang mungkin fatality ratenya sekitar 0,05 dibawah 0,5 persen, di bawah 1 persen. Jadi memang karena orang tua itu risiko fatalnya masih puluhan kali di atas anak-anak, kita memperioritaskan vaksinasi ke lansia dulu, yang sekarang masih baru mencapai sekitar 40 persen (cakupan vaksinasinya)," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat