androidvodic.com

Menkes Sebut Mayoritas Pasien Omicron Tanpa Gejala, 34 di Antaranya Sembuh dan Sudah Pulang ke Rumah - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA -- Menteri Kesehatan RI (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut, mayoritas pasien Omicron di Indonesia tak mengalami gejala dan selebihnya bergejala ringan.

Saat ini, 34 diantaranya telah dinyatakan sembuh dan dapat kembali ke rumah.

"152 kasus itu lebih setengahnya adalah tanpa gejala. Setengahnya lagi adalah sakit ringan. Artinya tidak membutuhkan oksigen saturasi, karena masih di atas 95 persen. Dan 23 persennya atau 34 orang sudah sembuh dan sudah kembali ke rumah,"kata dia dalam konferensi pers virtual, Senin (3/1/2021).

Ia mengatakan, meski jumlah kasus varian Omicron terus bertambah namun perawatan serius di rumah sakit tidak mengalami kenaikan.

"Jadi kita melihat bahwa sampai sekarang tidak ada yang membutuhkan perawatan yang serius di rumah sakit, cukup dikasih obat dan vitamin mereka sudah bisa kembali ke rumah," imbuh mantan dirut Bank Mandiri ini.

Baca juga: Muncul 2 Kasus Varian Omicron di Surabaya, Seorang di Antaranya Baru Pulang dari Bali, Mereka OTG

Baca juga: KSP Pastikan Pemerintah Siap Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19 Varian Omicron

Adapun jumlah kasus Covid-19 varian Omicron disampaikan Budi per hari ini bertambah 16. Dengan demikian, total varian Omicron di Indonesia menjadi 152 kasus.

Dari 152 kasus tersebut Budi mengatakan, enam diantaranya merupakan  transmisi lokal, seperti di Jakarta, Bali, dan Surabaya.

"Jadi kita tetap harus selalu waspada," pesannya.

Ia menambahkan, rendahnya angka perawatan pasien Omicron di rumah sakit juga ditengarai adanya vaksin Covid-19 yang memberi perlindungan.

"Walaupun perlindungan antibodinya yang berasal dari vaksin bisa dilalui tapi perlindungan intiselnya masih melindungi cukup baik. Itu yang menjelaskan kenapa angka perawatan yang masuk rumah sakit dan fatal lebih rendah," jelas Menkes Budi.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Jumlah kasus varian Omicron terus bertambah, namun perawatan serius di rumah sakit tidak mengalami kenaikan.

  • Covid-19 di Singapura Alami Peningkatan, Kemenkes: Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

  • Virus Corona

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat