androidvodic.com

Meski Kasus Omicron di Indonesia Jadi 254, Kemenkes Sebut Sebagian Besar Alami Gejala Ringan - News

News - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi menyebut ada penambahan kasus konfirmasi Omicron di Indonesia.

Nadia mengatakan, saat ini tercatat ada penambahan kasus konfirmasi Omicron di Indonesia 92 kasus baru per Selasa (4/12/2022).

Dengan penambahan 92 kasus baru tersebut, kini total kasus Omicron di Indonesia menjadi 254 kasus.

Total kasus Omicron di Indonesia ini, kata Nadia, terdiri dari 239 kasus dari pelaku perjalanan internasional (imported case) dan 15 kasus transmisi lokal.

Baca juga: Kapolri: Dampak Covid-19 Varian Omicron Semakin Mengkhawatirkan

Baca juga: Sudah Ada 254 Kasus Omicron di Indonesia, Ini Gejala yang Paling Banyak Dialami Pasien

"Mayoritas (penularan) masih didominasi pelaku perjalanan luar negeri," kata dr Nadia, seperti yang dikutip dari laman Kemenkes.

Nadia menambahkan, dari hasil pemantauan, sebagian besar pasien Omicron di Indonesia kondisinya ringan dan tanpa gejala.

Bahkan, kata Nadia, gejala paling banyak yang dialami pasien Omicron di Indonesia adalah batuk sebanyak 49% dan pilek 27%.

"Sebagian besar kondisinya ringan dan tanpa gejala. Gejala paling banyak adalah batuk (49%) dan pilek (27%)," ungkap Nadia.

Seperti yang kita tahu, Omicron memiliki tingkat penularan yang jauh lebih cepat dibandingkan varian Delta.

Baca juga: Setiap Kontak Erat Kasus Omicron Wajib Karantina 10 Hari

Baca juga: Kasus Omicron Meningkat, KPAI Minta Pelaksanaan PTM Terbatas 100 Persen Dipertimbangkan Ulang

Sejak ditemukan pertama kali pada 24 November 2021 di Afrika Selatan, kini Omicron telah terdeteksi di lebih dari 110 negara dan diperkirakan akan terus meluas.

Di level nasional, pergerakan Omicron juga terus meningkat sejak pertama kali dikonfirmasi pada 16 Desember 2021.

Sebagai bentuk kesiapsiagaan pemerintah dalam mencegah serta mengendalikan penularan varian Omicron.

Luhut: Tidak Mungkin Tak Ada di Sekitar Kita

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi persnya terkait evaluasi PPKM, Senin (20/12/2021) di kanal YouTube Sekretariat Presiden.
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi persnya terkait evaluasi PPKM, Senin (20/12/2021) di kanal YouTube Sekretariat Presiden. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menanggapi semakin merebaknya kasus varian Omicron di Indonesia.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Kementerian Kesehatan menyebut, sebagian besar pasien Omicron mengalami gejala ringan. Kemenkes menyebut saat ini ada 254 kasus Omicron di Indonesia.

  • Virus Corona

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat