androidvodic.com

Binda Sumbar Gelar Vaksinasi Booster di Kota Sawahlunto - News

News, JAKARTA - Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Sumatera Barat (Sumbar) mulai menggelar vaksinasi massal dosis ketiga atau booster, Jumat (13/1/2022).

Vaksinasi dilakukan di Desa Sikalang, Kecamatan Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat.

Kabinda Sumbar Hendra mengatakan dari hasil identifikasi pemerintah terdapat sekitar 21 juta sasaran untuk Januari yang sudah masuk ke dalam kategori penerima vaksin booster.

Sesuai ketentuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kata Hendra, vaksin Booster akan diberikan kepada kabupaten dan Kota yang capaian vaksinasinya sudah memenuhi kriteria 70 persen untuk dosis pertama dan 60 persen dosis kedua.

"Ada 244 kabupaten dan kota yang sudah memenuhi kriteria penerima dosis ketiga vaksinasi ini. Nah, di Sumbar berdasarkan arahan Kemenkes RI baru Kota Sawahlunto dan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang diprioritaskan. Untuk launching hari ini, kita pilih di Kota Sawahlunto," kata Hendra dalam keterangan yang diterima Jumat (14/1/2022).

Menurutnya, sesuai instruksi Presiden Joko Widodo vaksinasi dosis ketiga diprioritaskan bagi kelompok rentan dan lansia.

Adapun tujuan vaksinasi booster ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh di tengah Covid-19 yang terus bermutasi.

Baca juga: Wujudkan PTM 100 Persen, Binda Kepri Gelar Vaksinasi di 10 Titik Kota Batam

"Presiden menegaskan bahwa vaksinasi dosis ketiga ini gratis. Karena untuk kekebalan tubuh dan juga keselamatan rakyat," jelas Hendra.

"Kami juga mengajak seluruh masyarakat yang sudah memenuhi syarat untuk segera datang ke gerai vaksinasi Booster yang ada," katanya.

Sebagai informasi, syarat penerima vaksinasi Booster adalah calon penerima berusia 18 tahun ke atas dan vaksin kedua sudah lebih dari enam bulan.

Berdasarkan pantauan di lapangan Asisten I Pemko Sawahlunto Irzam menjadi orang pertama yang menerima suntikan vaksin Booster.

Baca juga: Binda Babel Genjot Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Hari Pertama Pembelajaran Tatap Muka

Selain Irzam, suntikan diterima Kepala Desa Sikalang dan Ketua Pengurus Mesjid Jamik Desa Sikalang.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Sumatera Barat (Sumbar) mulai menggelar vaksinasi massal dosis ketiga

  • Covid-19 di Singapura Alami Peningkatan, Kemenkes: Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

  • Virus Corona

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat