androidvodic.com

Kasus Omicron Meningkat, Ekonom Indef: PPKM Level 4 Perlu Dipertimbangkan - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan dampak varian Omicron tidak akan seburuk varian Delta.

Namun demikian seluruh pihak tetap harus waspada jangan sampai RS kembali penuh pasien Covid yang menyebabkan pasien non Covid-19 susah mendapatkan ruang perawatan.

"Kebijakan PPKM Level 4 harus mulai dipertimbangkan di beberapa daerah, terutama Jakarta. Kebijakan level 4 dengan memperketat mobilitas dinilai efektif untuk mengendalikan laju penularan corona," kata Nailul saat dihubungi Tribun, Senin (17/1/2022).

Baca juga: Puncak Kasus Omicron Diprediksi Pertengahan Februari 2022, Pemerintah Siapkan Langkah Mitigasi

Ia menilai perlunya pemerintah mengantisipasi kondisi terburuk yang akan terjadi.

"Maka dari itu, saya rasa pemerintah harus mengambil langkah lebih cepat sebelum pandemi covid kembali meningkat sampai puncaknya," tambahnya.

LONDON - Foto Ilustrasi ini diambil di London pada 02 Desember 2021 menunjukkan empat jarum suntik dan layar yang menampilkan kata 'Omicron', nama varian baru covid 19. - Omicron telah menjadi jenis virus corona utama di Prancis di mana jumlah infeksi telah mengalami peningkatan besar dalam beberapa hari terakhir, kata badan kesehatan masyarakat negara itu.
LONDON - Foto Ilustrasi ini diambil di London pada 02 Desember 2021 menunjukkan empat jarum suntik dan layar yang menampilkan kata 'Omicron', nama varian baru covid 19. - Omicron telah menjadi jenis virus corona utama di Prancis di mana jumlah infeksi telah mengalami peningkatan besar dalam beberapa hari terakhir, kata badan kesehatan masyarakat negara itu. "62,4 persen tes menunjukkan profil yang kompatibel dengan varian Omicron" pada awal minggu ini, dibandingkan dengan 15 persen pada minggu sebelumnya, kata agensi tersebut. (Justin TALLIS/AFP) (AFP/JUSTIN TALLIS)

Nailul menyampaikan saat faskes kolaps di kasus ledakan varian Delta menjadi pelajaran penting.

Menurutnya, kebijakan PPKM level 4 harus mulai dipertimbangkan di beberapa daerah, terutama Jakarta. .

"Beberapa daerah juga harus mulai waspada melonjaknya kasus corona ini. Penularan transmisi lokal nampaknya sudah mulai tampak di berbagai daerah," tukasnya.

Sebelumnya, Pemerintah memprediksi puncak gelombang pandemic varian omicron di Indonesia terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 2022.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Luhut Binsar Pandjaitan pada konferensi per hasil rapat terbatas evaluasi PPKM, Minggu (16/1/2022).

Baca juga: Sekjen PDIP Ajak Masyarakat Ikuti Kebijakan Pemerintah di Tengah Kasus Omicron yang Melonjak

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk kompak dan bersiap menghadapi hal-hal yang kemungkinan terjadi di periode tersebut.

Salah satunya mengimbau masyarakat untuk mengurangi mobilitas dan membatasi pertemuan yang tidak terlalu mendesak.

“Saya tidak lelah mengingatkan seluruh masyarakat agar taat dan mematuhi protokol kesehatan. Kelalaian dan kecerobohan sekecil apapun yang timbul akan mengulang pengalaman kelam di masa lalu,” kata Luhut.

Luhut optimis sistem kesehatan Indonesia sudah siap untuk menghadapi varian puncak omicron.

Ia mengatakan berdasarkan pantauan pemerintah, kasus omicron di beberapa negara, seperti Afrika Selatan, Inggris dan Amerika Serikat sudah mengalami penurunan.

Meskipun ada beberapa negara di kawasan Asia, kasusnya masih tinggi, seperti di India, Thailand dan Filipina.

Walaupun dari gejala dari virus ini lebih ringan, Luhut mengatakan kematian akibat varian omicron di Inggris lebih tinggi daripada akibat varian delta. 

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Nailul menyampaikan saat faskes kolaps di kasus ledakan varian Delta menjadi pelajaran penting. Kbijakan PPKM level 4 harus mulai dipertimbangkan

  • Covid-19 di Singapura Alami Peningkatan, Kemenkes: Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

  • Virus Corona

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat