androidvodic.com

Hadapi Omicron, Menkes: Obat Antivirus Avigan dan Molnupiravir Disiapkan untuk Pasien Bergejala - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjamin, ketersediaan stok obat-obatan antivirus aman dalam menghadapi puncak kasus Covid-19 varian Omicron.

Disebut Menkes Budi, pemerintah menyiapkan dua jenis obat antivirus yakni Favipiravir atau Avigan dan Molnupiravir.

Kedua obat ini sesuai rekomendasi ahli dan profesi kedokteran.

“Obat-obatan antivirusnya kita sudah siapkan lebih dari 20 juta dosis Favipiravir atau Avigan dan Molnupiravir, dua obat itu disetujui oleh organisasi profesi,” ungkap Menkes dalam konferensi pers virtual, Senin (31/1/2022).

Baca juga: Siapkan 20 Juta Dosis Favipiravir dan Molnupiravir Hadapi Omicron, Menkes: Jangan Beli untuk Stok

Ia menerangkan, obat-obatan antivirus ini diperuntukan bagi pasiem yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat.

Sementara, pasien tanpa gejala atau hanya gejala ringan, bisa melakukan isolasi mandiri dengan meminum vitamin yang tersedia di apotek maupun sesuari saran dari konsultas melalui telemedicine.

“Kalau pasien dengan gejala, kita siapkan lebih dari 20 juta dosis antivirus ini harus dengan resep, bisa dilakukan dengan dokter, di apotek, atau telemedicine, dan yang sudah disetujui oleh organisasi profesi adalah Favipiravir atau Avigan dan Molnupiravir,” kata dia.

Adapun organisasi profesi kedokteran yang dimaksud Menkes adalah Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia, Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular, dan Ikatan Dokter Anak Indonesia.

Kelima organisasi profesi kedokteran tersebut telah menyusun Pedoman Tata Laksana Covid-19 yang terus diperbarui sesuai dengan perkembangan pandemi Covid-19.

Di Indonesia, favipiravir dengan merek dagang Avigan telah tersedia.

Adapun salah satu perusahaan farmasi di Indonesia yang memiliki izin edar untuk produk Avigan adalah PT Dexa Medica.

Avigan (favipiravir) sendiri merupakan produk originator yang diproduksi oleh perusahaan farmasi Jepang, Fujifilm Toyama Chemical yang telah mendapatkan EUA untuk terapi pasien Covid-19 dari Badan POM sejak 3 September 2020.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Disebut Menkes Budi, pemerintah menyiapkan dua jenis obat antivirus yakni Favipiravir atau Avigan dan Molnupiravir.

  • Jepang Dihantui Covid-19 Jenis Baru KP.3, Apa Gejalanya?

  • Virus Corona

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat