androidvodic.com

Antisipasi Kenaikan Kasus Pasca Libur Panjang Akhir Februari, Kemenkes: Isolasilah Jika Bergejala - News

News - Kementerian Kesehatan memrediksi adanya potensi kenaikan kasus Covid-19 setelah libur panjang yang terjadi pada Akhir Februari hingga awal Maret 2022.

Saat libur panjang, ada kecenderungan peningkatan interaksi dan mobilitas masyarakat terutama yang ingin bepergian ke luar daerah.

Untuk itu, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi meminta kepada masyarakat untuk segera melakukan isolasi mandiri (isoman).

“Libur panjang selalu menjadi potensi terjadi peningkatan kasus, tetapi peningkatan kasus ini bisa kita tanggulangi dengan baik."

"Sehingga tidak menyebabkan sesuatu yang lebih parah, ini masih dalam batas yang bisa kita atasi bersama."

"Saat ini kita berharap walaupun kemarin sempat long weekend dan mungkin terjadi kenaikan kasus, jika ada gejala dan kontak erat, masyarakat diimbau segera lakukan isolasi," kata Nadia dikutip dari laman resmi Kemenkes, Rabu (2/3/2022).

Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan.

"(Apalagi) Omicron kan menular dengan sangat cepat, kalau kita tidak lakukan deteksi dini kasus akan terus melonjak. Karenanya antisipasi masyarakat sangat penting,” sambung Nadia.

Untuk itu, demi mengantisipasi kenaikan kasus, pemerintah telah melakukan persiapan mulai dari penyediaan ruang perawatan Covid-19 di rumah sakit.

Termasuk juga menyediakan obat-obatan dan oksigen medis.

Pemerintah juga mengimbau kepada masyarakat untuk mempercepat vaksinasi dosis lengkap dan booster bagi masyarakat berusia diatas 18 tahun.

Untuk diketahui, saat ini kasus konfirmasi harian Covid-19 di 14 provinsi konsisten mengalami penurunan.

“14 provinsi sudah mulai mengonfirmasi kasus konfirmasi harian Covid-19 dan perawatan pasien selama satu minggu terakhir di Bulan Februari ini,” jelas Nadia.

Provinsi tersebut diantaranya DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua dan Papua Barat.

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Kementerian Kesehatan memrediksi adanya potensi kenaikan kasus Covid-19 usai libur panjang yang terjadi pada Akhir Februari hingga awal Maret 2022.

  • Virus Corona

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat