androidvodic.com

Nonton Liga 1 Bakal ada Penonton, Polda Metro Jaya akan Berkoordinasi dengan Operator Liga dan PSSI - News

News, JAKARTA - Wacana kompetisi Liga 1 untuk dihadiri penonton seiring diturunkannya level PPKM di Jakarta membuat pecinta bola bernapas lega.

Informasi itu juga telah diketahui pihak kepolisian. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan, pihaknya telah mengetahui wacana aturan diperbolehkan penonton menyaksikan langsung pertandingan di stadion.

Untuk itu, Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan PSSI terkait aturan tersebut. Pihak Polda Metro Jaya berencana untuk melakukan rapat teknis pengamanan protokol kesehatan (prokes) dengan pihak PSSI.

"Terkait pertandingan bola, pertama tentu Polda Metro Jaya akan koordinasi dengan pihak PSSI. Kemudian, kami bicarakan terkait prokes yang berlaku di Jakarta yakni level 2," kata Zulpan dihubungi, Rabu (9/3/2022).

Zulpan mengatakan, nantinya PSSI, operator Liga yakni PT Liga Indonesia Baru akan duduk bersama untuk mengatur syarat-syarat menonton pertandingan bola.

Baca juga: 230 Tempat Hiburan Malam di DKI Jakarta Bangkut Karena Pandemi Covid-19

Aturan yang disusun di antaranya penonton wajib memiliki aplikasi Pedulilindungi, vaksinasi, dan ketentuan kapasitas penonton. Polda Metro Jaya juga akan koordinasi dengan PSSI terkait dengan pengaturan penonton dan klasifikasi yang bisa masuk ke dalam stadion.

"Sistemnya bagaimana nanti kita lakukan pengecekan, apakah menjelang masuk stadion atau saat pesan tiket, maka kami akan rapatkan dulu dengan PSSI," tutur Zulpan.

Tak hanya itu, Zulpan tidak menutup kemungkinan di acara-acara pertandingan olahraga di wilayah penyangga Jakarta menjadi gerai vaksinasi Covid-19. Hal itu untuk mengejar herd immunity di wilayah-wilayah penyangga Jakarta agar mencapai 100 persen seperti Jakarta.

"Polda Metro Jaya akan membahas bersama PSSI bagaimana aturan penonton ini disusun dengan berdasarkan klasifikasi tertentu. Untuk mengejar herd immunity tak menutup kemungkinan di lokasi pertandingan akan disediakan gerai vaksinasi Covid-19," tuturnya.

Sebelumnya, wacana diperbolehkannya pertandingan olahraga disaksikan penonton di stadion bergema seiring penurunan status level PPKM di sejumlah daerah.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan semua pertandingan olahraga bisa kembali dihadiri oleh penonton tanpa perlu tes antigen dengan syarat sudah mendapatkan booster.

Rinciannya, daerah yang memberlakukan level PPKM 4 kapasitas penonton 25 persen, level 3 50 persen, level 2 75 persen dan level 1 100 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat