androidvodic.com

11 Rekomendasi Terbaru IDAI Terkait PTM Selama Pandemi Covid-19  - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyampaikan rekomendasi terkait pembelajaran tatap muka (PTM) selama pandemi Covid-19.

Rekomendasi ini telah diperbaharui sejak 20 Juni 2022 lalu. 

1. Anak memiliki risiko degan orang yang dewasa saat terinfeksi Covid-19. Bahkan berpotensi mengalami komplikasi MIS-C dan Long Covid-19, sehingga pencegahan menjadi hal utama. 

Baca juga: Masih Lakukan Kajian, IDAI Belum Keluarkan Rekomendasi Tunda PTM Terkait Munculnya Hepatitis Akut

2. Protokol kesehatan terbukti efektif mencegah Covid-19 dan penyakit infeksi, sehingga Prokes harus dipertahankan dan terus ditingkatkan ketika terjadi peningkatan kasus. 

3. Pemerintah meningkatkan testing, treacing dan treatment. Selain itu juga menampilkan data terkini terkait kasus Covid-19 secara akurat dan transparan. Termasuk pada bayi dan anak. 

4. Orangtua dan anak berkolaborasi memastikan keamanan dan keselamatan anak. Di antaranya dengan melakukan testing, pada anak bergejala Covid-19. 

Serta patuh dan disiplin mengerjakan Prokes. Tidak membawa anak keluar rumah apa bila ada gejala demam, batuk, pilek, diare dan lainnya. 

5. terkait Prokes berfokus pada beberapa hal berikut seperti. Penggunaan masker wajib untuk semua orang di atas usia dua tahun. Lalu mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak makan bersamaan. 

Selain itu juga memastikan sirkulasi udara terjaga. Dan juga mengaktifkan sistim pernapasan aktif perhari untuk anak, petugas sekolah dan keluarganya yang memiliki gejala suspek Covid-19.

6. mengimbau orangtua untuk tidak membawa anak ke tempat keramaian di masa liburan sekolah. Serta mengajarkan anak supaya cakap dan disiplin menerapkan Prokes. 

7. anak dengan komorbid dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak apabila akan pergi wisata ke luar kota atau ke luar negeri. 

Komorbiditas anak meliputi penyakit seperti keganasan, diabetes, penyakit ginjal kronik, penyakit autoimun, penyakit paru kronis, obesitas dan sebagainya.

8. mengimbau untuk segera melengkapi imunitas rutin untuk anak usia 6 tahun keatas. Anggota keluarga lainnya juga melengkapi imunisasi dan Covid-19. 

9. rekomendasi lengkap terkait Prokes dan proses mitigasi merujuk pada IDAI sebelumnya. 

10. keputusan buka atau tutup sekolah harus memerhatikan kasus baru Covid-19 di sekolah atau tidak. 

11. rekomendasi itu bersifat dinamis, disesuaikan dengan perkembangan terkini. 

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Anak memiliki risiko degan orang yang dewasa saat terinfeksi Covid-19. Bahkan berpotensi mengalami komplikasi. Maka pencegahan jadi hal utama.

  • Covid-19 di Singapura Alami Peningkatan, Kemenkes: Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

  • Virus Corona

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat