androidvodic.com

Kasus Covid-19 Tembus 6000, Kemenkes Sebut Situasi Lebih Baik dari Tahun Lalu - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Walau terjadi peningkatan kasus Covid-19, kondisi pandemi Indonesia saat ini lebih baik dan bisa dikendalikan dari tahun sebelumnya. 

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Tim Kekarantinaan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI dr. Imran Pambudi.

Saat ini data terakhir, Rabu (3/8/2022) menunjukkan angka kematian karena Covid-19 terjadi sebanyak 18. Sehingga jumlah kematian kumulatif nasional menjadi 157.046 kasus (2,5 persen).

Saat ini, pasien terkonfirmasi positif (RT-PCR/TCM dan antigen), per Rabu (3/8/2022) bertambah 6.167 kasus, terdiri 5.973 kasus transmisi lokal dan 194 PPLN. 

Jumlah pasien terkonfirmasi positif yang tercatat sejak kasus pertama hingga hari ini total sudah mencapai 6.222.788 kasus. 

Imran sendiri mengamini memang terjadinya peningkatan. Namun menurutnya kondisi pandemi di Indonesia lebih baik ketimbang tahun lalu. Angka kematian pun juga telah terjadi penurunan dibandingkan hari sebelumnya. 

"Akhir-akhir ini memang terjadi peningkatan. Tetapi kalau dilihat setahun terakhir, sebetulnya sudah jauh lebih baik. Secara harian kasus konfirmasi nasional memang naik. Tetapi kasus meninggal per kemarin itu turun dari hari sebelumnya," ungkap Imran pada talkshow virtual, Kamis (4/8/2022).

Ia pun menerangkan jika tahun lalu, puncak kasus terjadi pada bulan Juli-Agustus. Kala itu, infeksi Covid-19 di Indonesia didominasi oleh varian Delta. 

Dan data tahun lalu menunjukkan jika jumlah kenaikan kasus infeksi Covid-19 berimbang dengan angka kematian. 

Baca juga: Update Covid-19 Global 4 Agustus 2022: Total Infeksi Covid-19 585,2 Juta, Jumlah Kematian 6,4 Juta

Kemudian pada bulan Desember, tahun lalu menunjukkan meski jumlah kasus meningkat, bahkan lebih besar dari Juli, kematiannya jauh lebih rendah. 

"Artinya memang varian Omicron lebih cepat menular, tapi kefatalannya lebih rendah," papar Imran lagi. 

Selain itu, menurut Imran, kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini masih terkendali. 

"Kemudian dilihat lagi kondisinya pada akhir-akhir ini memang terjadi kenaikan tapi masih bisa kendalikan. Jadi kita lihat meski ada kenaikan jumlah kasus, tetapi sudah jauh lebih baik," pungkasnya. 

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 per Rabu (3/8/2022) bertambah 6.167 kasus, terdiri 5.973 kasus transmisi lokal dan 194 PPLN. 

  • Covid-19 di Singapura Alami Peningkatan, Kemenkes: Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

  • Virus Corona

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat