androidvodic.com

Dokter Spesialis Ungkap Jumlah Virus Covid-19 dan Waktu yang Dibutuhkan Untuk Menularkan - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Ketua Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) dr. Prasenohadi, PhD, SpP (K), KIC menyebutkan berapa jumlah virus dan waktu yang bisa menimbulkan penularan. 

"Jumlah virus, kuman atau bakteri hanya membutuhkan sekitar 1.000 virus partikel untuk bisa menularkan. Tidak terlalu banyak tapi sudah menularkan," ungkapnya pada talkshow virtual, Senin (29/8/2022). 

Sehingga jika seseorang hanya diam tanpa berbicara namun berhadapan dengan pasien Covid-19, ada 20 partikel virus yang masuk ke dalam tubuh.

Kira-kira, dibutuhkan hampir satu jam untuk tertular.

Namun, ketika berbicara, akan ada 200 partikel yang keluar. Sehingga, butuh lima menit saja untuk bisa menularkan. Waktu dan jarak antara orang menjadi hal penting. 

"Apa lagi batuk atau bersin, itu jutaan virus yang akan keluar. Jadi memang penularannya sangat tinggi. Namun sekali lagi, tergantung pada daya tahan tubuh seseorang," kata dr Prasenohadi

Kalau daya tahan tubuh bagus, virus dan kuman bisa segera dimatikan. Kalau tidak, tetap saja bisa membuat sakit.  

Terkini Lainnya

  • Virus Corona

  • dr. Prasenohadi, PhD, SpP (K), KIC menyebutkan berapa jumlah virus Covid-19 dan waktu yang bisa menimbulkan penularan. 

  • Covid-19 di Singapura Alami Peningkatan, Kemenkes: Belum Ada Urgensi Pembatasan Perjalanan

  • Virus Corona

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat