androidvodic.com

Gelombang Covid-19 Baru Landa AS, Apa Itu Subvarian EG.5? - News

News – Gelombang Covid-19 kembali mendera Amerika Serikat. Setelah dalam beberapa bulan belakangan jenis Omicron mereda, kini muncul subvarian baru yaitu EG.5.

CNN menyebutkan, EG.5 menyebabkan sekitar 17 persen kasus Covid-19 baru di negara tersebut, dibandingkan dengan 16% untuk garis keturunan paling umum berikutnya, XBB.1.16, menurut perkiraan terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Pilek Anda baru-baru ini bisa jadi Covid-19, saat negara ini memasuki gelombang akhir musim panas.

Baca juga: Imbas Pandemi Covid-19, Kios Pasar Tanah Abang Blok G Sepi Ditinggal Pedagang

EG mungkin terdengar seperti jenis virus yang benar-benar baru, tetapi sebenarnya tidak; itu adalah spin-off dari strain rekombinan XBB dari keluarga Omicron. Dan itu merupakan tweak tambahan lain untuk virus daripada lompatan evolusioner besar seperti strain Omicron asli.

Dibandingkan dengan induknya XBB.1.9.2, ia memiliki satu mutasi ekstra pada lonjakannya, di posisi 465. Mutasi ini telah muncul pada varian virus corona lain sebelumnya. Para ilmuwan tidak yakin dengan pasti trik baru apa yang memungkinkan virus untuk melakukannya, tetapi pemburu varian memperhatikan karena banyak keturunan XBB baru telah mengadopsinya.

Mutasi 465 hadir di sekitar 35% rangkaian virus corona yang dilaporkan di seluruh dunia, termasuk mutasi lain yang prevalensinya meningkat di Timur Laut, FL.1.5.1, yang menunjukkan bahwa mutasi tersebut memberikan semacam keunggulan evolusi dibandingkan versi sebelumnya.

EG.5 juga sekarang memiliki cabangnya sendiri, EG.5.1, yang menambahkan mutasi kedua pada spike. Yang itu juga menyebar dengan cepat.

Dr. David Ho telah menguji varian ini di laboratoriumnya di Universitas Columbia untuk melihat seberapa kebal mereka terhadap antibodi yang harus kita pertahankan terhadapnya.

"Keduanya hanya sedikit lebih tahan terhadap antibodi penawar dalam serum orang yang terinfeksi dan divaksinasi," kata Ho, seorang profesor mikrobiologi dan imunologi, dalam email ke CNN.

Secara klinis, katanya, varian ini tampaknya tidak menyebabkan gejala yang berbeda atau lebih parah dari virus sebelumnya.

Baca juga: 113 Mutasi Covid-19 Terdeteksi di Jakarta, Perlukah Panik?

“Ini pada dasarnya memiliki lebih banyak pelarian kekebalan dibandingkan dengan yang menjadi preseden dalam seri XBB ini,” kata Dr. Eric Topol, seorang ahli jantung di Scripps Translational Research Institute.

“Ini memiliki keuntungan, itulah sebabnya ia mendapatkan kaki di seluruh dunia.”

Di luar AS, EG.5 tumbuh dengan cepat di Irlandia, Prancis, Inggris, Jepang, dan China.

Organisasi Kesehatan Dunia meningkatkan statusnya pada hari Rabu dari varian yang sedang dipantau menjadi varian yang diminati, sebuah langkah yang menandakan badan tersebut berpikir itu harus dilacak dan dipelajari lebih lanjut.

Terkini Lainnya

  • Gelombang Covid-19 kembali mendera Amerika Serikat. Setelah dalam beberapa bulan belakangan jenis Omicron mereda, kini muncul subvarian baru yaitu EG.

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat