androidvodic.com

ADKI Kerjasama dengan Indonesia e-Sport Asociation Kembangkan Desa Kreatif Esports - News

ADKI Kerjasama dengan Indonesia e-Sport Asociation Kembangkan Desa Kreatif Esports

News - Indonesia e-Sport Asociation (IESPA) menandatangani kerjasama dengan Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) dalam pengembangan Desa Kreatif Esports, awal pekan ini.

Penandatanganan MoU ini disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) yang juga Dewan Pembina ADKI, Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi Budi, dan Anggota Dewan Pembina IeSPA, Diaz Hendropriyono.

Dalam pernyataannya, Sandiaga menyatakan dukungan penuh atas kolaborasi antara ADKI dan IeSPA (Indonesia e-Sport Asociation) untuk mengembangkan Desa Kreatif Esports.

Baca juga: Kemenpora Dorong Perkembangan Game Esport Lokal

Dalam "The Weekly Brief with Sandi Uno” sekaligus Syukuran HUT Ke-2 ADKI di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023), Menparekraf Sandiaga mengatakan video gim sebagai salah satu dari subsektor ekonomi kreatif di Indonesia untuk bertumbuh dengan sangat pesat.

Selain itu, desa kreatif juga merupakan salah satu potensi wisata Indonesia yang sedang dikembangkan oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

Maka, dengan kehadiran Desa Kreatif e-Sport yang diinisiasi oleh ADKI dan IeSPA ini diharapkan bisa dikembangkan ekosistem E-Sport yang ada di Indonesia hingga ke pedesaan.

"Desa kreatif ini bisa kita hadirkan untuk membantu agar ekosistem itu lebih terdemokratisasi sampai ke tingkat desa," kata Sandiaga.

Dalam kesempatan serupa, Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, selaku Ketua Dewan Pembina ADKI mengungkapkan berdasarkan data yang ia peroleh, pada 2023 hampir 70 persen masyarakat Indonesia adalah gamer yang memainkan dan mengunduh gim online. Selain itu pada 2028, Indonesia diperkirakan mampu menghasilkan pendapatan sebesar 491,1 juta dolar AS.

"Potensi ekonomi yang signifikan itu tentu harus kita kembangkan secara serius," ujar Budi. Oleh karena itu, Budi berharap pengembangan desa kreatif E-Sport ini bisa menjadi salah satu dukungan dalam mengembangkan dan memperkuat ekosistem gim di Indonesia.

Ketua Umum ADKI Fikri El-Aziz dalam sambutannya menambahkan bahwa Desa Kreatif ESports akan membuka Lapangan Kerja Baru di Desa.

“Desa Kreatif Esports akan menjadi Lokomotif baru dalam Pemanfaatan Ekosistim Digital Desa yang terus didorong Percepatannya oleh Bapak Menkominfo RI, ini juga bentuk dukungan kami di ADKI untuk melahirkan SDM- SDM Digital di Desa yang teredukasi dengan positif sehingga meminimalisir terjadinya disorientasi digital di tingkat Desa.”

Lebih lanjut Fikri menambahkan menurut data hasil riset Satgas Internet Desa Tepat Guna (IDTG) ADKI menemukan 7 dari 10 orang Desa di Indonesia hari ini sudah terpapar Judi online yang meresahkan masa depan anak bangsa.

“Bersama Stake Holder Terkait dan Lintas Komunitas, ADKI Siap Meluncurkan 23 Pilot Desa Kreatif Esports yang akan menjadi solusi dari masif-nya disorientasi Digital di Desa!” Tutup Fikri.

Komitmen kolaborasi ini dibuktikan oleh kedua organisasi ini dalam penandatanganan MoU antara Ketua ADKI, Fikri El Aziz dan Ketua Umum IeSPA, Ibnu Riza.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat