androidvodic.com

Jemaah Haji Lansia Tahun Ini Sebanyak 64 Ribu, Usia Tertua 109 Tahun - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Indonesia merasakan dampak atas kebijakan Pemerintah Arab Saudi yaitu tidak menetapkan batas usia tertinggi pada pelaksanaan ibadah haji pada tahun 2023 ini.

Jumlah jemaah haji lanjut usia (lansia) dari Indonesia pun mencapai 64 ribu orang.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab mengatakandari jumlah jemaah haji lansia dari Indonesia sebanyak 64 ribu orang ini karena tidak adanya batasan usia jemaah.

Baca juga: Rincian Usulan Biaya Haji 2023, Ini yang Dibayar oleh Jemaah

"Tahun 2023 tidak ada batas usia. Sehingga tahun 2023, kalau melihat jemaah haji banyak. Jemaah haji yang lansia hampir 64 ribu," tutur Saiful dalam diskusi "BPIH Berkeadilan dan Berkelanjutan" di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (30/1/2023).

Saiful mengungkapkan bahkan jemaah haji tertua mencapai usia 109 tahun.

Ada dua orang jemaah haji yang berusia tersebut.

Selain itu, terdapat puluhan jemaah haji yang mencapai usia 100 tahun.

"Bahkan usia tertinggi ada 109 tahun ada dua orang. Bahkan usia 100 ada 30 orang dan seterusnya. Ini luar biasa keadaan jamaah di tahun 2023," ungkap Saiful.

Baca juga: Usia di Atas 65 Tahun Boleh Berangkat Haji, Disiapkan Petugas Khusus Menjaga 62 Ribu Jemaah Lansia

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief, mengungkapkan pihaknya bakal menyiapkan pendamping khusus untuk jemaah lanjut usia Indonesia.

Para pendamping khusus tersebut, kata Hilman, bakal mendapatkan pelatihan khusus.

Skuter listrik di Masjidil Haram untuk membantu jemaah haji lansia atau mereka yang kurang fisik untuk melakukan thawaf dan sai.
Skuter listrik di Masjidil Haram untuk membantu jemaah haji lansia atau mereka yang kurang fisik untuk melakukan thawaf dan sai. (Tim Media Center Haji)

Hilman mengungkapkan para pendamping khusus tersebut harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan para lansia.

"Para pendamping yang ditraining secara khusus. yang mentalnya, cara komunikasinya, cara memahaminya, budayanya. Misalkan umur 80 tahunan dari Jawa yang tidak bisa bahasa Indonesia, yang dampingi harus petugas yang ngerti," ujar Hilman dalam Coffee Morning: Biaya Haji Naik? di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Seperti diketahui, kuota haji Indonesia pada tahun 2023 telah ditetapkan sebesar 221.000 jemaah.

Jumlah ini terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat