androidvodic.com

Asrama Haji Indramayu Siap Layani 8.968 Jamaah yang Berangkat dari Bandara Kertajati - News

Laporan Wartawan News Rahmat W. Nugraha

News, INDRAMAYU - Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab memastikan Asrama Haji Indramayu siap melayani keberangkatan dan kepulangan jemaah haji.

Dikatakan Saiful 8.968 jamaah yang akan diberangkatkan melalui Asrama Haji Indramayu dan Bandara Kertajati.

Tahun ini dikatakan juga merupakan pertama kalinya  dibukanya Embarkasi Kertajati. Jemaah akan berangkat dari Asrama Haji Indramayu dan terbang melalui Bandara Kertajati Majalengka dengan Saudia Airlines.

"Asrama Haji Indramayu dan Bandara Kertajati siap layani 8.968 jemaah haji," sebut Saiful Mujab di Asrama Haji Indramayu, Jumat (5/5/2023).

Saiful Mujab menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan SOP layanan di embarkasi. Nantinya, akan diterapkan one stop service atau layanan satu pintu. 

"Begitu jemaah tiba di asrama, langsung ada layanan pemeriksaan dari KKP, serta pembagian paspor, gelang, boarding pass, dan living cost atau uang saku, semua di satu tempat," paparnya. 

Kemudian dikatakan Saiful bahwa jamaah Lansia didahulukan untuk segera bisa beristirahat.

"Layanan untuk jamaah lansia didahulukan agar jemaah bisa segera dapat beristirahat. Kita juga ada tambahan petugas untuk melayani jemaah lansia," tegasnya.

Adapun sebelumnya Saiful juga mengungkapkan bahwa Bandar Udara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat sudah lolos uji dari General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi.

"Bandara Kertajati ini sudah lulus uji dari GACA Arab Saudi. Karena ini pesawatnya dari Saudi Arabia bukan Garuda. Ternyata setelah ditinjau telah memenuhi syarat. Saya pikir kelayakannya sudah," kata Saiful di Bandara Kertajati, Jumat (5/5/2023).

Kemudian dikatakan Saiful bahwa persiapan di Bandara Kertajati untuk melayani ribuan jamaah haji sudah mencapai 90 persen.

Baca juga: Kemenag Sebut 70 Persen Jamaah Haji Berasal dari Pedesaan di Keberangkatan Bandara Kertajati 

"Kalau persentase persiapan itu insyaallah sudah mencapai 90 persen lebih. Tinggal tanggal 17 Mei 2023 pengukuhan Panitia Penyelenggaraa Ibadah Haji (PPIH) embarkasi. Setelah itu kita akan maraton rapat dengan terkait dengan imigrasi, keamanan dan lain sebagainya," tegasnya.

Saiful juga mengungkapkan berbagai fasilitas sudah disiapkan agar jamaah Haji lansia bisa nyaman sebelum keberangkatannya.

"Untuk fasilitas tadi sudah disampaikan oleh GM Bandara Kertajati untuk lansia ada kekhususan. Apakah nanti tidak dimasukkan rombongan bis," kata Saiful.

Ia melanjutkan atau ada mobil khusus nanti setelah dirapatkan dengan PPIH karena kebijakan tahun ini ramah lansia. Sehingga konsentrasi untuk melayani lansia itu menjadi yang utama.

"Termasuk nant dari asrama pakai mobil khusus atau menggunakan bis. Kalau kita cek perjalanannya panjang. Nanti saya minta apakah didorong untuk lansia atau dengan mobil golf supaya cepat, sampai di imigrasi dan tiba di ruang tunggu. Termasuk keberangkatannya kita dahulukan," tutupnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat