androidvodic.com

Hadapi Cuaca Panas di Arab, Jemaah Calon Haji Disarankan Ikhtiar, Bawa Spray Wajah dan Kacamata - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Jemaah calon haji bakal menghadapi cuaca panas di Arab Saudi pada musim haji tahun ini.

Karena itu, jemaah calon haji ini disarankan berikhtiar menjaga tubuhnya agar sellau fit dengan membawa alat pelindung diri untuk menjaga kelembaban kulit seperti spray wajah (penyemprot wajah).

Baca juga: Arab Saudi Panas Terik, Kemenag Imbau Jemaah Haji Lansia Hindari Aktivitas di Luar Ruangan

Ketua Kelompok Terbang atau kloter I embarkasi Jakarta-Pondok Gede M Jalaluddin mengatakan ini jadi langkah preventif itu diperlukan mengingat perbedaan cuaca antara Indonesia dengan tanah suci.

Cuaca sangat panas akan sambut jemaah haji Indonesia yang tiba di Madinah. Petugas imbau jemaah perhatikan alas kaki.
Cuaca sangat panas akan sambut jemaah haji Indonesia yang tiba di Madinah. Petugas imbau jemaah perhatikan alas kaki. (istimewa)

"Diharapkan semua jemaah membawa spray wajah atau botol semprot dalam melakukan aktivitas ibadah haji," tutur Jalaluddin kepada Tribun Network, Rabu (24/5/2023).

Jalaluddin menuturkan upaya ini menjadi ikhtiar agar jemaah calon haji Indonesia yang juga kebanyakan lansia dapat terlindungi dari risiko kelelahan.

Baca juga: Tips Hadapi Cuaca Panas Tak Biasa dari Kemenkes: Gunakan Sunscreen

"Memang sulit kita beradaptasi dengan kondisi cuaca yang sebelumnya belum pernah jumpai, spray wajah ini diharapkan bisa meminimalisir kesulitan," katanya.

Dia juga menyarankan para jemaah agar menggunakan kaca mata dan masker mengingat kemungkinan besar terjadinya badai pasir.

ILUSTRASI cuaca panas - Sejak beberapa hari terakhir, cuaca panas terjadi di Indonesia. Ini penjelasan BMKG soal penyebab cuaca panas. Efek gelombang panas?
ILUSTRASI cuaca panas - Sejak beberapa hari terakhir, cuaca panas terjadi di Indonesia. Ini penjelasan BMKG soal penyebab cuaca panas. Efek gelombang panas? (News/Sri Juliati)

Jalaluddin menambahkan bahwa sesuai instruksi dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bahwa prioritas pelayanan diberikan kepada lansia.

"Ini juga sesuai dengan tema kita Haji Ramah Lansia sebagai komitmen Kemenag untuk pelaksanaan jemaah haji Indonesia 2023," tuturnya.

Hal ini wajar karena haji tahun ini juga kerajaan Arab Saudi tidak lagi memberikan pembatasan usia dibandingkan pelaksanaan haji tahun lalu dengan maksimal usia 65 tahun.

Baca juga: Ketua PPIH Arab Saudi: Sesama Petugas Haji Jangan Bertengkar Ya

Diketahui jemaah haji Indonesia gelombang pertama sudah tiba pada hari ini, Rabu 24 Mei pukul 06.20 waktu Arab Saudi.

Mereka mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA Madinah). Ada 16 kloter yang akan datang pertama kali di Madinah.

Total ada 6.383 jemaah yang berangkat dari delapan embarkasi, yaitu: Jakarta - Pondok Gede (JKG), Jakarta - Bekasi (JKS), Solo (SOC), Makassar (UPG).

Selain itu, Aceh (BTJ), Kualanamu/Medan (KNO), Batam (BTH), dan Surabaya (SUB). Jemaah akan langsung diantar menuju hotel di Madinah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat