androidvodic.com

Banyak Lansia dan Jamaah Haji Kesasar, Menko PMK Dorong Penggunaan Gelang Teknologi GPS - News

Laporan Wartawan Tribun Timur, Nur Thamzil Thahir

News, MADINAH - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy (67), mendorong pemanfaatan teknologi mutakhir berbasis digital untuk layanan perjalanan musim haji di tahun-tahun mendatang.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (2016-2019) ini, penggunaan aplikasi digital "berbasis IT" kini jadi salah satu kebutuhan dasar jamaah, termasuk penggunaan gelang GPS (geo positioning services) jamaah.

"Saya pikir harus segera, dilaksanakan secepatnya," ujar mantan Rektor UMM Malang  ini di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah, Sabtu (3/6/2023) siang.

Baca juga: Jemaah Lansia 81 Tahun asal Riau Ajak Menko PMK Ziarah ke Kebun Kurma di Madinah

Respon menteri senior yang membawahi 7 kementerian bidang kesra, agama, kesehatan, pendidikan dan tenaga kerja ini, menjawab konfirmasi wartawan soal naiknya angka jemaah kesasar di kawasan Masjid Nabawi Madinah dan Masjidil Haram di Mekah, dalam 10 hari terakhir misi haji Indonesia di Arab Saudi.

Data PPIH Daker Madinah, rerata laporan kasus jamaah kesasar saat ibadah Arbain di kompleks Masjid Nabawi, mencapai 150 kasus.

Kasus ini meningkat di hajj peak season, saat awalibadah rukun haji (thawaf-sai) di Masjidil Haram serta puncaknya, di hari-hari puncah haji di Arafah, Musdalifah dan Mina.

Guru besar bidang pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini, mengkonfirmasikan. inovasi layanan haji, berbasis IT, harus berbasis identifikasi, keselamatan, keamanan jamaah selama menunaikan ibadah haji.

Penerapan teknologi itu, guna bisa menaikkan mutu layanan, mengidentifikasi kebutuhan dasar  jamaah lanjut usia (lansia) serta mengurai masalah tahunan haji,  jamaah kesasar di Haramain.

Enam dekade terakhir, alat identifikasi jamaah haji Indonesia, hanya gelang besi mineral.
Sebelum masa pandemi lalu, secara parsial misi haji Indonesia, sudah mengaplikasikan Hajj GPS berbasis smartphone.

Hanya saja, inovasi haji itu tak jadi kebijakan resmi.

Tahun 2016, otoritas haji Arab Saudi mengumumkan penggunaan gelang kertas plastik dengan kode pemindai QR code berbasis smartphone memuat identitas jamaah, akomodasi, paspor, dan dokumen perjalanan selama di Tanah Suci.

Penggunaan ini, menyusul tragedi Terowongan Mina 2015, dengan 2500 korban jiwa.

Tahun 2017, otoritas haji Saudi juga mengizinkan penggunaan gelang GPS, dengan akronim e-Bracelets Hajj for Pilgrims.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat