androidvodic.com

Kelelahan, Batin Sempat Khawatir Tak Bisa Melaksanakan Umrah - News

Laporan Wartawan News, Rachmat Hidayat dari Makkah

News, MAKKAH - Bambang Agus Trijanto mengaku bersyukur pelayanan haji yang diberikan kepadanya, termasuk kepada seluruh jamaah haji Indonesia dilakukan secara maksimal.

Layanan kesehatan, sampai konsumsi terlayani dengan baik.

Batin, sapaan akrabnya juga mengaku senang, sebagai jamaah kategori lanjut usia, pemerintah fokus dalam memberikan layanan kesehatan.

"Kami sempat tidak mengikuti tur karena merasa cape dan lelah karena usia. Kemudian, tenaga medis mendatangi kami ke kamar, memeriksa tensi darah dan obat juga diberikan. Alhamdulillah, tidak ada keluhan sebenarnya hanya saja kami kelelahan," ujarnya saat ditemui di Jarwal, Kota Makkah, Sabtu (3/6/2023).

Diusianya yang kini genap 72 tahun, Batin merasa sempurna saat melaksanakan ibadah arbain.

Ibadah Arbain atau salat wajib sebanyak 40 kali berturut-turut selama delapan atau sembilan hari di Masjid Nabawi Madinah.

"Sempurna menurut kami, menurut Allah SWT saya nggak tahu," kata dia.

Begitu juga menceritakan saat pertama akan melaksanalan umrah sebelum berhaji. Tiba di Masjidil Haram pada dini hari dari Kota Madinah.

Ia mengaku ragu apakah bisa melaksanakan tawaf lantaran khawatir dengan kondisi fisiknya.

Sebelum melaksanakan Tawaf, Batin bersama jemaah lansia lainnya diperkenankan untuk buang air kecil terlebih dahulu.

Baca juga: Jemaah Haji Nuraini Berusia 68 Tahun Mencium Hajar Aswad

"Dan Alhamdulillah kami akhirnya melaksanakan umrah dengan baik. Bisa melaksanakan (keliling) tujuh putaran. Dan saat Sai, terasa adem, merasa kembali lagi tenaganya," cerita Batin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat