androidvodic.com

Cuaca Panas Diselingi Hujan di Arab Saudi Buat Jemaah Haji Rentan Kena ISPA - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu 

News, JAKARTA - Akhir-akhir ini, jemaah haji di Madinah dihadapkan pada cuaca sangat panas yang diselingi hujan.

Kondisi ini mempengaruhi fisik jemaah khususnya jemaah lanjut usia atau lansia.

"Misalnya panas dehidrasi kalau kurang minum lebih cepat merasa lelah inilah yang menjadi pemicu timbulnya penyakit-penyakit yang macam-macam," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan, Liliek Marhaendro Susilo dalam konferensi pers virtual, Senin (5/6/2023).

Baca juga: Cuaca Panas di Madinah, Jemaah Haji Berisiko Heat Stroke, Ketahui Gejala dan Penanganannya

Pihaknya pun banyak mempromosikan kepada jemaah agar mereka jangan sampai kelelahan.

Memperbanyak konsumsi air, beristirahat dengan cukup, serta menghindari aktivitas yang tidak perlu seperti jalan-jalan dan berbelanja.

"Jangan banyak jalan-jalan lah belanja lah hal ini yang kelelahan ini yang nanti menimbulkan munculnya penyakit-penyakit yang tadinya tidak kelihatan," tutur Liliek.

Baca juga: Kapuskes Haji: Kematian Jemaah Haji Kebanyakan Disebabkan Penyakit Jantung

Ditambahkan Kepala Bidang Kesehatan PPIH Arab Saudi dr. M. Imran, cuaca yang tak menentu itu secara umum ini mungkin berdampak pada kesehatan dan harus diwaspadai oleh jemaah haji.

Terhitung dari awal operasional haji dimulai sampai hari ke-12 jumlah penderita ISPA di kloter juga sudah mulai meningkat.

"Infeksi saluran pernapasan atas dan sudah mulai meningkat sehingga ini juga perlu diwaspadai karena terutama bagi lansia ataupun yang mereka yang memiliki penyakit paru kronis nah ini bisa menghambat aktivitasnya sehari-hari," ujar dr Imran.

Pihaknya pun menyarankan bagi jemaah haji terutama yang lansia ketika keluar penginapan selalu menggunakan masker untuk menghindari paparan debu ataupun hawa panas dari yang di Arab Saudi.

Terhitung dari pelayanan kesehatan kloter hingga Minggu 4 Juni 2023 kemarin, ada 2.569 jemaah haji yang menjalani rawat jalan karena ISPA.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat