androidvodic.com

Ini Bus Shalawat yang Didesain Khusus untuk Jemaah Haji Lansia, Bisa Muat Kursi Roda dan Bersuspensi - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, MAKKAH - Kementerian Agama (Kemenag) telah membuat tagline 'Haji Ramah Lansia' untuk penyelenggaraan ibadah Haji 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Hal itu karena tahun ini ada sekitar 66.000 atau 30 persen jemaah haji lanjut usia (lansia) dari total kuota Haji Indonesia.

Baca juga: Armada Bus Shalawat untuk Jemaah Haji di Makkah Dilengkapi Fasilitas Ramah Lansia dan Disabilitas

Terkait banyaknya jemaah Haji lansia pada musim haji kali ini, maka disediakan pula Bus Shalawat yang memiliki fasilitas khusus ramah lansia.

Kepala Pos Terminal Syeb Amir, Sugandi mengatakan ada beberapa perbedaan antara Bus Shalawat biasa dan khusus jemaah Haji lansia.

Bus Shalawat yang diperuntukkan bagi jemaah Haji lansia, memiliki desain pintu yang lebih lebar dan bisa dilewati kursi roda.

"Jadi mobil Bus Sholawat untuk jemaah Haji lansia ini bisa turun (pijakan pada pintu masuk bus bisa turun mendekati aspal supaya kursi roda bisa naik secara mudah ke dalam bis)," kata Sugandi saat ditemui Tribunnews di Terminal Syeb Amir Makkah, Arab Saudi, Selasa (6/6/2023) lalu.

Setelah kursi roda masuk ke dalam bus, jemaah Haji lansia pun diangkat untuk duduk di kursi penumpang bus.

Baca juga: 450 Bus Shalawat dan 230 Petugas Siap Layani Mobilitas Jemaah Haji Indonesia di Makkah

Ia pun menekankan bahwa Bus Sholawat khusus lansia ini sangat bagus, karena memiliki desain pijakannya yang dapat diturunkan mendekati aspal.

Kemudian ada jalan pula untuk dapat menaikkan kursi roda masuk ke dalam bus.

Sugandi menambahkan bahes Bus Sholawat khusus lansia juga memiliki suspensi yang bagus karena mampu menahan getaran dengan sangat baik.

Hal ini diperlukan lantaran daya tahan tulang jemaah Haji lansia sudah berkurang, tidak seperti jemaah yang masih muda.

Oleh karena itu, dipilihlah Bus Sholawat khusus lansia yang memiliki suspensi bagus.

Baca juga: Layanan Bus Shalawat untuk Jemaah Haji Dialihkan ke Muzdalifah

"Gerakan Bus Sholawat untuk lansia sangat bagus, karena bus untuk lansia tidak boleh ada gerakan yang sentak-sentak dan kasar," tegas Sugandi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat