androidvodic.com

Suka Cita Jemaah Haji Lansia Ikut Senam Pinguin, 'Biar Aku Sehat Selalu' - News

News, MAKKAH-Ada pemandangan menarik saat menyambangi hotel tempat jemaah yang berasal dari Jawa Tengah menginap, Rabu (14/6/2023) pagi.

Jumyati, Turyati bersama jemaah lansia ini sedang asik mengikuti senam Pinguin di lantai dasar Hotel Rizq Palace di Jalan Ibrahim Holil di daerah Misfalah, Kota Mekkah.

"Ayo mbah, tangannya keatas. Lemaskan. Biar badannya enak," dr Anite Kern memotivasi para jemaah lansia.

Baca juga: Baim Wong Batal Berangkat Haji, Gus Miftah Anggap Sebagai Hal yang Normal Terjadi

Para lansia terlihat begitu semangat. Gerak demi gerak melalui instruktur senam diikuti secara berbarengan, diiringi musik, menemani para jemaah lansia yang mengikuti senam dengan enerjik, sesekali mengumbar tawa.

"Kulo (saya) senang mas ikut senam. Menghilangkan bosen karena baru saja tiba dari Madinah," kata Jumiyati saat didekati sambil terus menggerak gerakkan seluruh tubuhnya mengikuti instruksi pemandu senam.

"Sampai sini (Kota Mekkah) kita pilek pilek semua waktu di Madinah sudah mulai pilek. Makanya harus senam, biar sehat. Meski sudah tua harus tetap sehat," Turyati menimpali pernyataan rekannya.

Tak hanya jemaah lansia perempuan, jemaah lansia laki laki juga turut senam pinguin. Muchlasin (66), jemaah haji asal Sukorejo kampung Winarno, Kendal Jawa Tenga, juga Sukir (74) asal Tegal Kangkung, Kota Semarang dan jemaah lansia lainnya terlihat asik mengikuti gerak demi gerak senam Penguin in.

"Iki (ini) obat yang tidak mahal. Cukup ikut senam badan sehat dan fit saat ibadah haji nanti. Biar aku sehat selalu dan bisa berhaji," kata Sukir semringah sambil memperlihatkan giginya yang sudah tak utuh lagi.

Disini, ada 1280 jemaah hasil asal Indonesia menginap berasal embarkasi SOC yang berangkat dari Kota Solo. dr Kern menjelaskan, senam untuk para jemaah lansia bertujuan agar ada variasi selama menunggu proses ibadah haji.

Baca juga: Kemenhub Fasilitasi Keberangkatan Calon Jemaah Haji Tolitoli Menggunakan Kapal Perintis

"Sebenarnya memang aktivitas jemaah sudah mulai monoton. Ke masjid lalu pulang. Kita inign ada variasI kegiatan supaya jemaah juga lebih sehat. Makanya, kemarin ada beberapa jemaah tanya, kapan senam, ya ayo kita senam," katanya.

dr Kern tertawa kecil, saat ditanya kenapa memilih senam Penguin. "Gerakannya kan ringan mas, ngga berat berat. Kayak senam waktu kita masih TK, gerakannya cocok untuk para jemaah lansia, ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat