androidvodic.com

Cek Kesiapan Jelang Armuzna: Menag Berdoa Armuzna Jadi Musim Panas yang Hangat bagi Jamaah Lansia - News

News, MAKKAH - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Senin (19/6/2023) petang, memulai lawatan resmi pertamanya ke Arab Saudi, sebagai Amirulhajj, pimpinan tertinggi misi haji 2023 Indonesia.

Amirulhajj dijadwalkan berada di Tanah Suci, kurang 48 jam, sebelum ke Tanah Air.

Baca juga: PPIH Beberkan Alur Pergerakan Jemaah Haji Indonesia saat Puncak Haji, Ini Rinciannya

Dia kembali ke Arab Saudi lagi, Sabtu (24/6/2023) akhir pekan ini.

"Ya saya datang ini mau ngecek kesiapan (PPIH sambut) Armuzna. Besok, ikut konferensi menteri haji di Jeddah. Lusa (Rabu, 21/6/2023), saya kembali lagi ke Indonesia. Insyaallah, (tanggal) 24 (Juni 2023) nanti balik ke sini lagi (Mekah)," ujar Gus Yaqut, sesaat setelah tiba di Kantor Daker Mekkah, kawasan Syisyah, sekitar 3,1 km dari kawasan Mina.

Dia menegaskan kembali komitmen haji lansia sudah berjalan baik, dan berharap saat puncak haji, iklim Mekah bersahabat dan membawa berkah.

"Kita berdoa ya, semoga Armuzna jadi musim panas yang hangat bagi jamaah lansia kita," ujar Gus Yaqut menutup sesi "stop door" dengan puluhan jurnalis MCH.

Di kantor Daker, menteri langsung mengumpulkan belasan unsur pimpinan Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH) Arab Saudi, staf khusus, dan tim monitoring evaluasi (monev) haji.

Baca juga: Raja Salman: Kerajaan Saudi Tampung 1.300 Jemaah Haji Khusus Program Tamu dari 90 Negara

Gus Yaqut tiba di Terminal Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, pukul 19.00 Waktu Arab Saudi.

Usai makan malam di Jeddah, dia melanjutkan perjalanan 60 menit ke Mekah.

"Malam ini saya balik lagi ke Jeddah, untuk ikut konferensi haji bersama menteri haji Saudi, soal layanan lansia," kata Gus Yaqut.

Dia juga menyinggung, salah satu agenda konferensi menteri haji anggota organisasi kerjasama Islam (OKI), di Jeddah, Selasa (20/6/2023) besok, adalah isu jamaah lanjut usia.

Misi haji Indonesia, yang mengusung kampanye "Ramah Lansia", akan memaparkan sejumlah inisiatif berjalan dan rencana jangka menengah dan panjang.

Khusus jamaah lansia Indonesia, dia berharap, petugas haji tak lelah mengingatkan jamaah ini supaya menjaga stamina, fisik, asupan, vitamin dan tidak memaksakan diri untuk menunaikan rangkaian ibadah sunah.

"Jadi puncak ibadah haji tinggal beberapa waktu ke depan jadi tolong dihemat energinya. Ibadah sunah-sunah yang sudah dilakukan cukup. Kita sekarang persiapkan diri dan para jemaah lansia ini untuk persiapan di puncak haji," katanya. (zil)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat