androidvodic.com

Daker Makkah Gelar Istigasah, Memohon Kelancaran Ibadah Haji Para Jemaah Asal Indonesia - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, MAKKAH - Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah, Khalilurrahman mengatakan bahwa Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah mengadakan istigasah pada Sabtu (24/6/2023) malam.

Ini dilakukan untuk memohon agar Allah SWT melancarkan pelayanan yang diberikan para petugas untuk jemaah Haji Indonesia.

Baca juga: Emban Tugas sebagai Panwas Haji, Paramitha Mulai Blusukan Ke Hotel Misfalah

"Kita PPIH Daker Makkah melaksanakan istigasah dengan harapan tujuan kita mohon kepada Allah agar PPIH Arab Saudi yang menjadi pelayan tamu Allah, diberikan kekuatan lahir dan batin agar kita mampu memberikan pelayanan maksimal," kata Khalilurrahman, di Makkah, Arab Saudi, Sabtu (24/6/2023).

Selain berdoa dan memohon agar para petugas Haji diberikan kekuatan lahir dan batin untuk melayani para jemaah haji.

Khalilurrahman menambahkan bahwa dalam istigasah itu, pihaknya meminta agar jemaah haji selalu dilimpahkan kesehatan dan keselamatan.

Baca juga: Kisah Nenek Rusanah Naik Haji: Tidur Nyaman, Tidak Seperti di Kampung

Agar mereka dapat menjalankan ibadah Haji secara khusyuk tanpa ada gangguan kesehatan, termasuk jemaah lanjut usia (lansia) dan risiko tinggi (risti).

Mulai dari keberangkatan dari hotel di Makkah menuju puncak Haji di Arafah-Muzdalifah-Mina (Armuzna) dan melaksanakan lempar jumrah dan tawaf ifadah.

Tawaf ifadah merupakan ibadah mengelilingi Kabah sebanyak 7 kali, di mana posiai Kabah berada di sebelah kiri.

"Khususnya juga yang lansia dan risti kami berharap agar Allah memberikan kekuatan kepada jemaah Haji Indonesia agar mereka mampu memaksimalkan pelaksanaan Haji dengan sempurna mulai dari hotel ke Arafah-Muzdalifah-Mina (Armuzna) jumrah 11 hingga 13 (Zulhijjah) dengan sempurna tawaf ifadah," jelas Khalilurrahman.

Baca juga: Ini Temuan Timwas DPR saat Tinjau Pemondokan Jamaah Haji Di Mekkah

Ia berdoa semoga Allah memberikan kebaikan pada semua termasuk Indonesia agar menjadi negara yang ideal, tidak hanya memiliki kebaikan pada alamnya namun juga pada perilaku penduduknya.

"Semoga Allah SWT memberikan kesejahteraan kemakmuran dan selamat semua dari musibah, sehingga Allah menjadikan negeri baldatun thayyibah," pungkas Khalilurrahman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat